Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VI SDN Ngijo 01 Kecamatan Gunung Pati Melalui Penerapan Strategi Peer Lesson


Dian Harum Puspitasari , 1402407081 (2011) Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VI SDN Ngijo 01 Kecamatan Gunung Pati Melalui Penerapan Strategi Peer Lesson. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VI SDN Ngijo 01 Kecamatan Gunung Pati Melalui Penerapan Strategi Peer Lesso]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas VI SDN Ngijo 01 Kecamatan Gunung Pati Melalui Penerapan Strategi Peer Lesso) - Published Version
Download (41MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SDN Ngijo 01 Semarang, ditemukan masalah dalam pembelajaran di kelas VI. Siswa kurang memahami materi yang disampaikan dan kurang aktif selama pembelajaran sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan. Guru masih menggunakan strategi belajar yang kurang bervariasi saat pembelajaran IPS, sehingga keterampilan guru kurang terasah dan berakibat pada proses pembelajaran yang jurang menarik. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan keterampilan guru. Salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Peer Lesson. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) apakah strategi Peer Lesson dapat meningkatkan keterampilan guru?, 2) apakah strstegi Peer Lesson dapat meningkatkan aktivitas siswa?, 3) apakah strategi Peer Lesoon dapat meningkatkan hasil belajar siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keterampilan guru, (2) meningkatkan aktivitas siswa, (3) meningkatkan hasil belajar IPS dengan strategi Peer Lesson. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Peer Lesson yang dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SDN Ngijo 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, keterampilan guru dalam pembelajaran IPS diperoleh skor rata-rata 2,9 dengan kategori baik. Aktivitas siswa pada pembelajaran IPS mendapatkan skor rata-rata 2,3 dengan kategori cukup. Ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal 5 dari 20 siswa yang tuntas dengan KKM 65. Setelah dilakukan tindakan penelitian pada siklus I nilai rata-rata 62,6 dengan kategori kurang, dan pencapaian ketuntasan sebesar 38,3%. Tetapi pada siklus I guru dalam membimbing kelompok masih kurang, siswa kurang dapat dikondisikan dan hasil belajar belum memenuhi kriteria keberhasilan yang ditentukan sehingga perlu dilakukan tindakan siklus II. Pada siklus II, keterampilan guru meningkat menjadi skor rata-rata 5,6 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa meningkat menjadi 2,58 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar meningkat dengan nilai rata-rata 76,42 dengan kategori baik dan pencapaian ketuntasan sebesar 85%. Pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang ditentukan sehingga tidak dilakukan tindakan siklus berikutnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan strategi Peer Lesson dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS. Saran bagi guru adalah strategi Peer Lesson dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, strategi Peer Lesson.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Jan 2012 02:59
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11682

Actions (login required)

View Item View Item