Kesiapan Masyarakat Memasuki Perguruan Tinggi (Studi Pada Anak Nelayan Di Desa Suradadi Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal)


Weni Septiana , 3401406553 (2011) Kesiapan Masyarakat Memasuki Perguruan Tinggi (Studi Pada Anak Nelayan Di Desa Suradadi Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kesiapan Masyarakat Memasuki Perguruan Tinggi (Studi Pada Anak Nelayan Di Desa Suradadi Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal)]
Preview
PDF (Kesiapan Masyarakat Memasuki Perguruan Tinggi (Studi Pada Anak Nelayan Di Desa Suradadi Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal)) - Published Version
Download (887kB) | Preview

Abstract

Kesiapan anak nelayan yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi berupa kesiapan yang ada di dalam diri anak nelayan (internal) berupa: kesiapan mental, emosional, maupun intelektual dan kesiapan yang ada di luar diri anak nelayan (eksternal) berupa: kesiapan ekonomi dan sarana prasarana. Kesiapan adalah kondisi awal suatu kegiatan belajar yang membuatnya siap untuk memberikan respon/jawaban yang ada pada diri anak dalam mencapai tujuan pengajaran tertentu. Kesiapan memberikan pengaruh terhadap seseorang ketika ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya, berupa motivasi, peran teman pergaulan, peran sekolah, dan peran media massa. Masalah yang dikaji dalam penelitian adalah (1) kesiapan anak nelayan memasuki perguruan tinggi di Desa Suradadi Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi anak nelayan dalam memasuki perguruan tinggi di Desa Suradadi Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Tujuan penelitian untuk (1) mengetahui kesiapan anak nelayan memasuki perguruan tinggi di Desa Suradadi Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal, (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi anak nelayan dalam memasuki perguruan tinggi di Desa Suradadi Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti mengadakan wawancara dengan subjek penelitian anak nelayan yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan 15 informan utama dan 6 informan pendukung. Observasi terhadap situasi, kondisi, dan aktivitas anak nelayan, baik di lingkungan keluarga maupun masyarakatnya. Dokumentasi yang digunakan berupa bahan-bahan tertulis, profil anak nelayan dan kehidupan sosial ekonomi nelayan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, data yang dikumpulkan dianalisis secara induktif dan disajikan secara deduktif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) anak nelayan pada umumnya memiliki kesiapan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dilihat dari kesiapan internal adalah kesiapan mental dan emosional dengan cara mengikuti bimbingan belajar, dan belajar dengan sungguh-sungguh. Sedangkan anak nelayan dari keluarga kurang mampu pada umumnya tidak memiliki kesiapan apapun untuk melanjutkan ke perguruan tinggi karena ekonomi orang tua yang tidak mendukung. Kesiapan intelektual berupa prestasi-prestasi yang dimiliki anak nelayan baik dari keluarga mampu, menengah, maupun kurang mampu relatif baik. Kesiapan eksternal adalah kesiapan ekonomi berupa ketersediaan biaya untuk masuk ke perguruan tinggi. Anak nelayan yang ekonomi keluarganya kurang mampu pada umumnya tidak memiliki kesiapan untuk masuk perguruan tinggi karena kondisi ekonomi orang tua yang tidak mencukupi untuk melanjutkan pendidikannya. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi anak nelayan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah motivasi (motivasi yang mendorong anak nelayan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi), dukungan orangtua berupa dukungan spiritual dan material dengan cara menabung, membeli perhiasan berupa emas, guru serta sekolah sebagai fasilitator antara pihak sekolah, anak, dan universitas dengan cara memberi informasi tentang perguruan tinggi serta profesi alumninya, media massa seperti internet, dan teman pergaulan (kurang memberikan pengaruh yang besar dalam pengambilan keputusan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi). Kesimpulan penelitian ini adalah (1) kesiapan anak nelayan memasuki perguruan tinggi adalah kesiapan internal (mental dan kemampuan intelektual) yaitu dengan mengikuti les, belajar dengan sunggu-sungguh, serta prestasi yang dimiliki anak nelayan, dan kesiapan eksternal (kesiapan ekonomi) yaitu ketersediaan biaya dari orangtuanya, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi anak nelayan memasuki perguruan tinggi adalah motivasi diri berupa dorongan anak yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tiggi, dukungan orang tua berupa material dan spiritual yaitu ketersediaan dana dengan cara menabung dan membeli perhiasan, motivasi dari guru berupa informasi tentang profesi, informasi tentang perguruan tinggi. Saran yang diajukan adalah (1) anak nelayan dari keluarga yang mampu sebaiknya menyadari bahwa kesiapan apa pun harus diikuti pemahaman mengenai perguruan tinggi dan sebelum lulus alangkah baiknya anak mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang perguruan tinggi agar mempunyai kesiapan yang matang. Anak nelayan sebaiknya menggunakan cara-cara yang jujur, fair dan semangat berprestasi yang tinggi, meningkatkan output potensi optimal yang dimiliki sehingga nantinya mereka siap berkompetisi dalam studi di perguruan tinggi maupun setelah lulus dari perguruan tinggi, (2) alangkah baiknya orangtua yang mempunyai anak kelas XII SMA, diharapkan dapat mengarahkan dan memberikan semangat kepada anak untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi karena sekolah pada jenjang SMA sebenarnya dipersiapkan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, (3) sekolah, khususnya guru agar memberikan motivasi kepada siswa untuk dapat melanjutkan studi dengan cara memberikan strategi belajar yang benar, memberikan informasi tentang program studi, status, akreditasi perguruan tinggi, dan beasiswa bagi yang membutuhkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan, anak nelayan, Perguruan Tinggi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Jan 2012 02:51
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11681

Actions (login required)

View Item View Item