Peningkatan Keterampilan Menulis Parafrase Melalui Model Pembelajaran Kooperatif di Kelas VI SDN Bulu 01 Semarang


SUNARSIH, 1402907178 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Parafrase Melalui Model Pembelajaran Kooperatif di Kelas VI SDN Bulu 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Parafrase Melalui Model Pembelajaran Kooperatif di Kelas VI SDN Bulu 01 Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Parafrase Melalui Model Pembelajaran Kooperatif di Kelas VI SDN Bulu 01 Semarang) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa tentang pembuatan parafrase masih di bawah rata-rata, yaitu 5,7. Hal ini menunjukkan bahwa nilai tersebut masih di bawah Nilai Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu sebesar 7,0. Di samping itu aktivitas siswa di dalam pembelajaran kurang maksimal karena guru bahasa Indonesia banyak menggunakan metode ceramah Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah pembelajaran menulis parafrase dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keterampilan guru kelas VI SDN Bulu 01 Semarang? 2) Apakah pembelajaran menulis parafrase dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VI SDN Bulu 01 Semarang? 3) Apakah keterampilan menulis parafrase dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar menulis parafrase siswa kelas VI SDN Bulu 01 Semarang? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus dengan masing-masing tahapan siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif meningkatkan keterampilan guru dapat dilihat dari peningkatan keterampilan guru mengajar tiap siklusnya dimana pada siklus I keterampilan guru pada kegiatan awal pembelajaran mendapat rata-rata 2,7 kriteria cukup baik, siklus II mendapat rata-rata 3.6 kriteria baik. Pada tahap penguasaan materi siklus I mendapat rata-rata 2.8 kriteria cukup baik, siklus II mendapat rata-rata 3.50 kriteria baik. Pada tahap kegiatan penutup siklus I mendapat rata-rata 2.6 kriteria cukup baik, siklus II mendapat rata-rata 4.0 kriteria baik sekali (2) Aktivitas siswa meningkat per siklus yaitu aspek kesiapan siswa siklus I rata-rata skor 0,66 kriteria cukup baik, siklus II rata-rata skor 0,84 kriteria baik, aspek menyimak penjelasan guru siklus I rata-rata skor 0,62 kriteria baik, siklus II rata-rata skor 0,90 kriteria baik sekali, aspek berpendapat siklus I rata-rata skor 0,60 kriteria cukup baik, siklus II rata-rata skor 0,91 kriteria baik, aspek bertanya siklus I rata-rata skor 0,72 kriteria cukup baik, naik pada siklus II rata-rata skor 0,86, kriteria baik sekali, aspek merespon dan menjawab pertanyaan siklus I rata-rata skor 0,49 kriteria cukup baik, siklus II rata-rata skor 0,88, kriteria baik sekali aspek membuat rangkuman siklus I rata-rata skor 0,47 kriteria cukup baik, siklus II rata-rata skor 0,87 kriteria baik sekali. (3) Pendekatan kooperatif meningkatkan keterampilan menulis parafrase siswa Kelas VI SDN Bulu 01 Semarang pada pra siklus ada 7 siswa atau 25% kategori cukup baik, pada siklus I tingkat ketuntasannya ada 13 siswa atau 46,4% kriteria baik, pada siklus II ada 24 siswa atau 85,7% yang tuntas kriteria baik sekali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis, parafrase, kooperatif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Jan 2012 02:43
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11680

Actions (login required)

View Item View Item