Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pendidikan Masyarakat di Desa Dieng Wetan Kecamatan Kejajar Wonosobo

Ainuddin Mukhlis , NIM. 3201407020 (2011) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pendidikan Masyarakat di Desa Dieng Wetan Kecamatan Kejajar Wonosobo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pendidikan Masyarakat di Desa Dieng Wetan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Sebagian besar masyarakat di Desa Dieng Wetan memiliki tingkat pendidikan yang rendah. Data BPS menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Dieng masih berpendidikan rendah, sekitar 1357 jiwa atau 62,53% masyarakat Dieng tingkat pendidikannya SD, tibak/belum tamat SD, dan tidak pernah sekolah, hanya terdapat 22 jiwa atau 1,01% saja dari jumlah penduduk Desa Dieng Wetan yang melanjutkan sampai jenjang Akademi dan Perguruan Tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor apakah yang mempengaruhi rendahnya tingkat pendidikan masyarakat di Desa Dieng Wetan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apakah yang mempengaruhi rendahnya tingkat pendidikan masyarakat di Desa Dieng Wetan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat usia sekolah yaitu 841 jiwa, dengan jumlah sampel 84 jiwa. Variabel dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendidikan masyarakat yang meliputi motivasi individu, kondisi sosial, kondisi ekonomi keluarga, motivasi orang tua, budaya dan aksesibilitas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa motivasi individu dalam pendidikan memiliki skor rata-rata 11,68 (rendah); faktor kondisi sosial 16,05 (sedang); faktor ekonomi keluarga 26,38 artinya kondisi ekonomi keluarga tinggi; motivasi orang tua dalam mendukung pendidikan anak sangat rendah dengan skor rata-rata 10,39; budaya pendidikan dalam masyarakat memiliki skor rata-rata 14,02 atau rendah; dan faktor aksesibilitas tergolong tinggi dengan skor rata-rata 20,84. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya tingkat pendidikan masyarakat Desa Dieng Wetan antara lain faktor motivasi individu, faktor motivasi orang tua, dan faktor budaya. Faktor sosial tidak begitu berpengaruh terhadap rendahnya tingkat pendidikan masyarakat . Sedangkan faktor kondisi ekonomi keluarga dan faktor aksesibilitas tidak mempengaruhi rendahnya tingkat pendidikan masyarakat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor Rendahnya Tingkat Pendidikan
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 17 Jan 2012 21:38
    Last Modified: 17 Jan 2012 21:38

    Actions (login required)

    View Item