MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR DI LINGKUNGAN PERSAWAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGMANYAR KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2011


Wahyu Yulianti , 6102909187 (2011) MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR DI LINGKUNGAN PERSAWAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGMANYAR KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR DI LINGKUNGAN PERSAWAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGMANYAR KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2011]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR DI LINGKUNGAN PERSAWAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KARANGMANYAR KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2011) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran permainan tradisional gobak sodor di lingkungan persawahan pada siswa kelas V di SD Negeri Karangmanyar . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan model pembelajaran permainan tradisional gobak sodor di lingkungan persawahan pada siswa kelas V di SD Negeri Karangmanyar Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu : (1) melakukan pendahuluan dan pengumpulan informasi termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan gobak sodor dengan bola), (3) evaluasi ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji kelompok kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (26 siswa), (6) revisi produk yang dilakukan berdasarkan uji lapangan, (7) hasil model pembelajaran permainan tradisional gobak sodor pada siswa kelas V SD Negeri Karangmanyar yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa kelas V SD Negeri Karangmanyar), dan uji lapangan (26 siswa kelas V SD Negeri Karangmanyar). Data evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua guru penjasorkes SD) diperoleh jawaban untuk kategori tidak baik 0%, kurang baik 0%, cukup baik 13,33%, baik 57,78%, dan sangat baik 28,89%. Data uji lapangan kuesioner siswa diperoleh jawaban untuk kategori tidak baik 0%, kurang baik 0%, cukup baik 26,67%, baik 23,33%, dan sangat baik 50%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan model pembelajaran penjasorkes melalui permainan gobak sodor dengan bola baik, mencapai nilai rata-rata 85,51%. Sehingga hasil pengembangan efektif untuk pembelajaran penjasorkes kelas V SD Negeri Karangmanyar. Dapat disarankan bagi guru penjasorkes SD Negeri Karangmanyar dapat memanfaatkan model pengembangan model pembelajaran ini dan dapat menambahkan variasi-variasi yang lebih kreatif atau inovatif dalam pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR DI LINGKUNGAN PERSAWAHAN
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Jan 2012 02:32
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11678

Actions (login required)

View Item View Item