Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf deskripsi melalui Model Group Investigation Berbantuan Media Kartu Kunci pada Siswa Kelas XB SMA N 2 Blora


Yunik Setiyowati , 2101407109 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf deskripsi melalui Model Group Investigation Berbantuan Media Kartu Kunci pada Siswa Kelas XB SMA N 2 Blora. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf deskripsi melalui Model Group Investigation Berbantuan Media Kartu Kunci pada Siswa Kelas XB SMA N 2 Blora]
Preview
PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf deskripsi melalui Model Group Investigation Berbantuan Media Kartu Kunci pada Siswa Kelas XB SMA N 2 Blora) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu diajarkan kepada siswa secara terpadu dengan keterampilan berbahasa yang lain. Untuk dapat menginformasikan sesuatu kepada orang lain (pembaca) agar pengetahuan orang lain (pembaca) bertambah luas setiap orang memerlukan keterampilan menulis. Oleh karena itu, dalam Kurikulun Tingkat Satuan Pendidikan, standar kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa salah satunya menyusun beberapa paragraf deskripsi yang berisi hasil penginderaan faktual. Di kelas XB SMA N 2 Blora masih banyak siswa yang kurang terampil menulis paragraf deskripsi. Rendahnya keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas XB SMA N 2 Blora ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam menuangkan ide maupun gagasan serta pikirannya serta tertulis. Ide yang dituangkan kurang runtut, tidak logis, dan kurang sistematis. Selain itu, kesulitan siswa dalam menuangkan ide maupun gagasan juga disebabkan guru kurang kreatif memberikan media pembelajaran. Masalah penelitian, yaitu (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas XB SMA N 2 Blora setelah dilakukan pembelajaran menulis paragraf deskripsi melalui model group investigation berbantuan media kartu kunci, (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas XB SMAN 2 Blora setelah diberi pembelajaran menulis peragraf deskripsi melalui model group investigation berbantuan media kartu kunci. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa kelas XB SMA N 2 Blora dengan metode group investigation melalui media kartu kunci, (2) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa kelas XB SMA N 2 Blora setelah mendapatkan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode group investigation melalui media kartu kunci. Tindakan penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, observasi, dan refleksi. Data penelitian diambil melalui data tes dan nontes. Alat pengambilan data tes yang digunakan berupa instrumen tes perbuatan yang berisi aspek-aspek kriteria penilaian keterampilan menulis paragraf deskripsi. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi (foto). Selanjutnya, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model group investigation berbantuan media kartu kunci, nilai keterampilan menulis paragraf deskripsi meningkat sebesar 8,35 atau 12,66% dengan nilai rata-rata siswa 65,95 pada siklus I dan 74,3 pada siklus II. Perilaku negatif yang ditunjukkan siswa pun berubah setelah diberi tindakan. Siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran, berani mengungkapkan pendapat, dan semakin percaya diri dalam menjawab pertanyaan. Selanjutnya, dari hasil penelitian tersebut, saran yang dapat direkomendasikan antara lain (1) para guru bahasa Indonesia hendaknya dapat memberikan variasi-variasi dalam pembelajaran seperti menggunakan model group investigation berbantuan media kartu kunci untuk membelajarkan keterampilan menulis khususnya menulis paragraf deskripsi, (2) bagi mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Indonesia diharapkan melakukan penelitian dibidang menulis dari aspek yang lain, (3) bagi peneliti lain, hendaknya termotivasi untuk melengkapi penelitian ini dengan metode dan media yang lain untuk semakin meningkatkan keterampilan menulis siswa, dan (4) bagi sekolah hendaknya bisa memberi fasilitas berupa media pembelajaranyang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, paragraf deskripsi, model group investigation, dan media kartu kunci.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Jan 2012 02:19
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11676

Actions (login required)

View Item View Item