Keefektifan Penggunaan Media Wayang Dongeng dan Media Fotonovela dengan Teknik Permainan Resep gotong Royong untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita pada Siswa Kelas VII SMP


Nur Laylinaumi Rahmawati , 2101407021 (2011) Keefektifan Penggunaan Media Wayang Dongeng dan Media Fotonovela dengan Teknik Permainan Resep gotong Royong untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita pada Siswa Kelas VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penggunaan Media Wayang Dongeng dan Media Fotonovela dengan Teknik Permainan Resep gotong Royong untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita pada Siswa Kelas VII SMP]
Preview
PDF (Keefektifan Penggunaan Media Wayang Dongeng dan Media Fotonovela dengan Teknik Permainan Resep gotong Royong untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita pada Siswa Kelas VII SMP) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Bercerita diharapkan dapat melestarikan nilai-nilai yang berlaku dimasyarakat, baik nilai-nilai sosial, nilai moral, maupun nilai keagamaan. Namun, bercerita masih dianggap sebuah momok yang menakutkan karena siswa masih kesulitan dalam mengungkapkan kembali sebuah cerita.untuk itu dibutuhkan media dan teknik yang mampu memotivasi siswa. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) keefektifan penggunaan media wayang dongeng dengan teknik permainan resep gotong royong dalam pembelajaran bercerita, (2) keefektifan penggunaan media fotonovela dengan teknik permainan resep gotong royong dalam pembelajaran bercerita, dan (3) perbedaan keefektifan penggunaan media wayang dongeng dan media fotonovela dengan teknik permainan resep gotong royong untuk meningkatkan keterampilan bercerita pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen The Randomized Pretest-Postest Control Group Design. Pengaruh perlakuan diperhitungkan melalui perbedaan antara pretes dengan postest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Se-Kabupaten Pati. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMP N 01 kayen dan siswa kelas VII B SMP N 01 Tambakromo dan jumlah 34 siswa yang dipilih berdasarkan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel penggunaan media wayang dongeng dan fotonovela untuk meningkatkan keterampilan bercerita dan variabel bercerita dengan teknik permainan resep gotong royong. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data awal yang meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan analisis data akhir yang menggunakan uji t. Temuan penelitian ini adalah adanya nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa pada pretes kelas eksperimen, yaitu sebesar 60,79 dan pada kelas kontrol sebesar 58,15. Setelah diberi perlakuan dengan dua media, hasil pembelajaran meningkat. Pada kelas eksperimen meningkat menjadi 77,85 dan pada kelas kontrol menjadi 68,65. Hasil dari penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru bahasa dan sastra Indonesia menggunakan media wayang dongeng dalam pembelajaran bercerita. Namun, penerapan media harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekolah dan kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan bercerita, media wayang dongeng, media fotonovela, teknik permainan resep gotong royong
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Jan 2012 02:15
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11675

Actions (login required)

View Item View Item