Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi Melalui Proses Komunikasi Guru Pada Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Tamansiswa Kudus
Endah Nofiyanti , 7101407164 (2011) Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi Melalui Proses Komunikasi Guru Pada Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Tamansiswa Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi Melalui Proses Komunikasi Guru Pada Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Tamansiswa Kudus)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Dalam proses pembelajaran guru mempunyai peran penting dalam mengembangkan kemampuan siswa. Guru sebagai komunikator menyampaikan materi pelajaran sebagai pesan kepada siswanya sebagai komunikan. Komunikasi guru yang baik akan mendayagunakan potensi-potensi spesifik dari tanda-tanda atau lambang-lambang visual dan memelihara hubungan khusus dengan para siswa dalam arti menyimak situasi komunikasi pengajaran berikut minat, keinginan, tuntutan, dan kebutuhan. Selain proses komunikasi guru yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah fasilitas belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh fasilitas terhadap hasil belajar mata pelajaran melakukan prosedur administrasi baik langsung maupun melalui proses komunikasi guru dan seberapa besar pengaruh proses komunikasi guru terhadap hasil belajar mata pelajaran melakukan prosedur administrasi siswa kelas XI di SMK Tamansiswa Kudus. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian populasi karena respondennya terdiri kurang dari 100 yaitu 80 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yaitu fasilitas belajar, variabel intervening yaitu proses komunikasi guru, kemudian satu variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis uji asumsi klasik dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung melalui proses komunikasi guru terhadap hasil belajar mata pelajaran melakukan prosedur administrasi pada siswa kelas XI jurusan administrasi perkantoran di SMK Tamansiswa Kudus sebesar 30%, sedangkan proses komunikasi guru berpengaruh sebesar 38%, variabel residu terhadap proses komunikasi guru sebesar 0,736, dan variabel residu terhadap hasil belajar sebesar 0,644. Kesimpulan ada pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar baik secara langsung maupun melalui proses komunikasi guru dan ada pengaruh proses komunikasi guru terhadap hasil belajar mata pelajaran melakukan prosedur administrasi pada siswa kelas XI di SMK Tamansiswa Kudus
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Proses Komunikasi Guru, Fasilitas belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 17 Jan 2012 02:48 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 08:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11674 |
Actions (login required)
View Item |