Preparasi Nanokomposit ZnO/TiO2 dengan Metode Sonokimia serta Uji Aktivitasnya untuk Fotodegradasi Fenol


Diah Lestari S, 4350407063 (2011) Preparasi Nanokomposit ZnO/TiO2 dengan Metode Sonokimia serta Uji Aktivitasnya untuk Fotodegradasi Fenol. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Preparasi Nanokomposit ZnO/TiO2 dengan Metode Sonokimia serta Uji Aktivitasnya untuk Fotodegradasi Fenol]
Preview
PDF (Preparasi Nanokomposit ZnO/TiO2 dengan Metode Sonokimia serta Uji Aktivitasnya untuk Fotodegradasi Fenol) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan sintesis dan karakterisasi nanokomposit ZnO/TiO2 dengan metode sonokimia. Semikonduktor TiO2 dan ZnO berpotensi tinggi dan dapat memaksimalkan reaksi fotokatalitik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dopan ZnO pada struktur kristal nanokomposit ZnO/TiO2, nilai band gap dan pengaruh ukuran kristalnya terhadap fotodegradasi fenol. Prosedur kerjanya senyawa prekursor diiradiasi dengan waktu sonikasi 45 menit dengan variasi dopan ZnO 1%; 3% dan 5% mol. Katalis dikalsinasi pada suhu 500oC selama 3 jam. Nanokomposit ZnO/TiO2 dikarakterisasi menggunakan X-Ray Diffraction (XRD) untuk mengetahui struktur kristal katalis, Diffuse Reflectance Ultra Violet (DR-UV) untuk mengetahui nilai band gap katalis dan Energy Dispersive X-ray Scanning Elektron Microscope untuk mengetahui morfologi kristal dan % Zn yang terdopankan. Uji aktivitas katalis pada fotodegradasi fenol digunakan analisis dengan Spektrofotometer UV-VIS. Dari data XRD diperoleh pola difraksi nanokomposit ZnO/TiO2 mirip dengan pola difraksi TiO2 anatase. Nanokomposit ZnO/TiO2 memiliki ukuran kristal sekitar 23-17nm. Nanokomposit ZnO/TiO2 hasil sintesis memiliki band gap sebesar 3,31; 3,35 dan 3,42 eV. Dari data tersebut dopan ZnO 5% menunjukkan nilai energi gap yang paling tinggi. Berdasarkan foto SEM morfologi permukaan ZnO/TiO2 dapat terlihat dengan bentuk semi bulat yang mendekati homogen. Data SEM-EDX menunjukkan komposisi Zn yang masuk dalam kristal ZnO/TiO2 lebih dari 50%. Uji aktivitas katalis diperoleh data prosentase degradasi 76%; 85% dan 95%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa pengaruh dopan ZnO tidak mengubah struktur kristal TiO2 tetapi mempengaruhi ukuran agregat kristal menjadi semakin kecil sehingga katalis ZnO/TiO2 dikatakan baik dalam mendegradasi fenol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nanokomposit, ZnO/TiO2, Sonokimia, Fotokatalisis
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Jan 2012 02:20
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11672

Actions (login required)

View Item View Item