Pemanfaatan Media Pembelajaran Seni Rupa dan Sumber Belajar pada SMA Negeri di Kabupaten Tegal


Eka Desi Wijayanti , 2401406029 (2011) Pemanfaatan Media Pembelajaran Seni Rupa dan Sumber Belajar pada SMA Negeri di Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemanfaatan Media Pembelajaran Seni Rupa dan Sumber Belajar pada SMA Negeri di Kabupaten Tegal]
Preview
PDF (Pemanfaatan Media Pembelajaran Seni Rupa dan Sumber Belajar pada SMA Negeri di Kabupaten Tegal) - Published Version
Download (12MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di sekolah aktualisasinya merupakan komunikasi dan interaksi guru dan siswa. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan itu, media dan sumber belajar merupakan keniscayaan yang diperlukan. Pada kenyataannya media pembelajaran seni rupa dan sumber belajar masih belum maksimal dimanfaatkan oleh guru, yang dalam penelitian ini difokuskan pada SMA Negeri di Kabupaten Tegal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Jenis-jenis media pembelajaran seni rupa dan sumber belajar apa saja yang dimanfaatkan pada SMA Negeri di Kabupaten Tegal, (2) Bagaimana guru seni rupa pada SMA Negeri di Kabupaten Tegal memanfaatkan media pembelajaran seni rupa dan sumber belajar. (3) Bagaimana perencanaan media pembelajaran yang dikembangkan oleh guru seni rupa pada SMA Negeri di Kabupaten Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah SMA Negeri di Kabupaten Tegal sebagai pengamatan umum, dan pengamatan terfokus penelitian ini dilaksanakan pada SMA Negeri 3 Slawi, dan SMA Negeri 1 Bojong. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi: angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan jenis-jenis media pembelajaran yang dimanfaatkan dalam pembelajaran seni rupa pada SMA Negeri di Kabupaten Tegal meliputi: jenis media audio, visual, audio visual, media serba aneka dan media seni rupa sedangkan jenis-jenis sumber belajarnya antara lain: buku, internet, galeri, seniman, media cetak, perpustakaan, studio dan ruang pameran. Berdasarkan pengamatan umum: jenis-jenis media pembelajaran seni rupa dan sumber belajar tersebut sudah dimanfaatkan oleh SMA Negeri di Kabupaten Tegal. Berdasarkan pengamatan terfokus: SMA Negeri 3 Slawi dan SMA Negeri 1 Bojong, keduanya telah memanfaatkan media pembelajaran seni rupa, salah satunya jenis media serba aneka yaitu komputer (laptop). Dalam hal ini, guru seni rupa SMA Negeri 3 Slawi dan SMA Negeri 1 Bojong telah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang di dalamnya terdapat media pembelajaran yang akan digunakan, tetapi belum mengembangkan perencanaan pembelajaran secara lebih rinci. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada SMA-SMA Negeri di Kabupaten Tegal perlu meningkatkan penyediaan media pembelajaran seni rupa dan sumber belajar. Tetapi sebenarnya yang tidak kalah penting guru seni rupa harus mampu mengembangkan perencanaan media pembelajaran secara rinci dan pengembangan materi pembelajaran sebelum pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Sumber Belajar, Pembelajaran Seni rupa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 17 Jan 2012 02:15
Last Modified: 25 Apr 2015 08:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11671

Actions (login required)

View Item View Item