Analisis Kesulitan Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes dalam Menguasai Kanji


Shidieqi, Nahidlul Falah Ash., 2010 (2010) Analisis Kesulitan Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes dalam Menguasai Kanji. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes dalam Menguasai Kanji]
Preview
PDF (Analisis Kesulitan Mahasiswa Semester III Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes dalam Menguasai Kanji) - Published Version
Download (113kB) | Preview

Abstract

Dalam bahasa Jepang terdapat empat huruf yang digunakan yaitu huruf hiragana, katakana, kanji, dan romaji. Dari keempat huruf tersebut kanji merupakan huruf yang membutuhkan cara khusus untuk menguasainya sehingga bagi pembelajar bahasa Jepang huruf ini dianggap sulit. Banyak mahasiswa yang masih kesulitan dalam menghafal kanji, hal ini dapat dilihat dari nilai ujian kanji yang kurang memuaskan. Oleh karena itu perlu dicari letak kesulitan mahasiswa dalam menguasai kanji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak kesulitan mahasiswa dalam menguasai kanjidan cara mengatasi kesulitan tersebut. Sehingga diharapkan mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai kanji dapat mengatasi kesulitannya tersebut. Populasi yang dijadikan penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang yang mengikuti kuliah kanji shokyu. Pengumpulan datanya menggunakan angket sebagai sumber data primer dan cheklist, wawancara dan studi pustaka sebagai sumber data sekunder. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas tes digunakan rumus R-11. Dari hasil penghitungan diketahui bahwa kesulitan mahasiswa dalam menguasai kanji meliputi penulisan 72% (mahasiswa tidak memperhatikan panjang pendek dan berhenti melepasnya coretan), cara baca kanji 63% (mahasiswa kesulitan dalam membaca kanji secara tepat) dan makna kanji 71.48% (mahasiswa tidak mengetahui makna dari setiap kanji yang dipelajari). Kesulitan tersebut sebagian besar disebabkan oleh faktor eksternalal yaitu materi pengajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, kesulitan, kanji.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris (S1)
Depositing User: Users 6685 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2012 03:30
Last Modified: 27 Jan 2012 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11666

Actions (login required)

View Item View Item