Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Dengan Pendekatan Kontekstual Kelas VSD


Tumisih, 2010 (2010) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Dengan Pendekatan Kontekstual Kelas VSD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Dengan Pendekatan Kontekstual Kelas VSD]
Preview
PDF (Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Pada Materi Pesawat Sederhana Dengan Pendekatan Kontekstual Kelas VSD) - Published Version
Download (114kB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi awal diketahui bahwa proses pembelajaran di kelas V SDN Bulusari 01 Bulakamba belum optimal. Pembelajaran masih berpusat pada guru, respon siswa terhadap pembelajaran rendah. Selama proses pembelajaran partisipasi siswa lebih banyak mencatat dan mendengarkan penjelasan guru. Aktivitas siswa yang rendah berdampak pada hasil belajar siswa rendah terutama pada materi pesawat sederhana mata pelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena guru belum menemukan metode dan pendekatan yang tepat. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan kurang memberikan contoh nyata kepada siswa. Akibatnya siswa pasif dalam pembelajaran dan suasana pembelajaran menjadi membosankan. Metode yang digunakan adalah tindakan kelas meliputi dua siklus Tiap-tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Data penelitian diambil melalui tes dan non tes .Instrumen tes berupa penilaian aktivitas siswa dan hasil belajar siswa sedangkan data non tes yang berupa pedoman observasi siswa pedoman observasi guru, dan dokumen foto. Selanjutnya data analisis secara kuantitatif dan kulaitatif. Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari prasiklus, siklus satu dan siklus II baik dari segi aktivitas maupun hasil belajar siswa. Data tentang aktivitas siswa pada pra siklus 52,9 % , sedang pada siklus I naik menjadi 63,5%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 70,4%. Adapun data tentang hasil belajar siswa nilai rata-rata pada prasiklus 59,11 dengan ketuntasan 57 %, pada siklus I meningkat menjadi 64,11 dengan ketuntasan 71 % dan pada siklus II lebih meningkat lagi dengan nilai rata-rata 80,29 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 88 %. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan adalah agar pembelajaran kontekstual dapat diterapkan pada konsep yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; pendekatan kontekstual; aktivitas siswa; hasil belajar siswa; pesawat sederhana.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 6685 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2012 03:30
Last Modified: 27 Jan 2012 03:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11665

Actions (login required)

View Item View Item