Penerapan Pembelajaran Tematik Pada Tema Hewan Dan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri Kalierang 02 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009 / 2010.

aminah, 2010 (2010) Penerapan Pembelajaran Tematik Pada Tema Hewan Dan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri Kalierang 02 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Under Graduates thesis, universitas negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

ABSTRAK Aminah, 2010 :Penerapan Pembelajaran Tematik Pada Tema Hewan Dan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD Negeri Kalierang 02 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Hasil belajar siswa. Dari hasil observasi awal diketahui proses pembelajaran Kelas IIa SD Negeri Kalierang 02 Bumiayu belum optimal. Pembelajaran masih berpusat pada guru, respon siswa terhadap pembelajaran rendah. Selama proses pembelajaran partisipasi siswa lebih banyak mencatat dan mendengarkan penjelasan guru. Keaktifan siswa yang rendah berdampak pada hasil belajar siswa rendah terutama pada Tema Hewan dan Tumbuhan. Hal ini guru belum menemukan metode dan pendekatan yang tepat. Guru lebih sering menggunakan metode ceramah dan kurang memberikan contoh yang konkrit keadaan siswa. Akibatnya siswa pasif dalam pembelajaran dan suasana pembelajaran membosankan. Solusi untuk memecahkan masalah tersebut diatas dengan menerapkan pembelajaran tematik, dengan penerapan pembelajaran tematik, siswa akan mengalami sendiri apa yang dipelajarinya melalui pengamatan dan berinteraksi langsung dengan obyek, sehingga diharapkan peran keaktifan hasil belajar siswa dapat meningkat. Oleh karena itu peneliti terfokus pada perbaikan proses belajar siswa pada materi Tema Hewan dan Tumbuhan. Penelitian ini merupakan tindakan kelas yang dilaksanakan di Kelas II SD Negeri Kalierang 02 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2009 / 2010 dengan jumlah siswa 30 anak. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dua siklus mencakup empat tahap yaitu 1. Perencanaan (Planning), 2. Pelaksanaan (Acting), 3. Pengamatan (Observing), dan 4. Refleksi (Reflecting). Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari siklus ke siklus selanjutnya, baik dari segi keaktifan maupun hasil belajar siswa. Data tentang keaktifan siswa pada siklus I sebesar 67% dan pada siklus II meningkat menjadi 72,91%. Data tentang hasil belajar siswa nilai rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 58 dengan ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 40% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 75,8% dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 69%. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tematik dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, saran yang diberikan adalah agar pembelajaran model tematik dapat diterapkan pada konsep lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Hasil belajar siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: pkl8 pkl8
Date Deposited: 26 Jan 2012 22:47
Last Modified: 26 Jan 2012 22:47

Actions (login required)

View Item