Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada unit SKT Brak BL 53 PT. Djarum Kudus


Imam Fauzi , 7350406537 (2011) Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada unit SKT Brak BL 53 PT. Djarum Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada unit SKT Brak BL 53 PT. Djarum Kudus]
Preview
PDF (Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada unit SKT Brak BL 53 PT. Djarum Kudus) - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

PT. Djarum merupakan salah satu perusahaan rokok terkemuka di Indonesia dan di dunia yang bergerak dalam bidang produksi rokok yang selalu berusaha untuk meningkatkan kinerjanya disektor produksi rokok kretek maupun filter, baik itu berupa kualitas maupun SDM. Dari survei awal diketahui bahwa masih terdapat kelemahan dalam kinerja karyawan yang dapat dilihat dari tingkat produktivitas karyawan dan indisipliner karyawan yang dapat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Permasalahan yang dikaji adalah sejauhmana pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan unit SKT brak BL 53 PT. Djarum Kudus yang berjumlah 840 orang. Pengambilan sampel dengan teknik proporsional area random sampling diperoleh sampel 89 karyawan. Metode pengambilan data dengan menggunakan angket (kuesioner) yang dibagikan kepada karyawan yang dijadikan sampel penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian dengan analisis regresi diperoleh persamaan Y = 43,873 + 0,195 X1 + 0,285 X2. Hasil pengujian secara simultan diperoleh Fhitung = 8,474 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,145, dalam hal ini dapat diartikan bahwa kinerja mampu dijelaskan oleh kepemimpinan dan motivasi sebesar 14,5%, sedangkan sisanya 85,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif, signifikan kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan. Disarankan kepada pihak manajemen untuk selalu menciptakan suasana kerja yang lebih menyenangkan untuk meminimalisir terjadinya konflik antar karyawan maupun karyawan dengan pimpinan dan selalu menjaga hubungan yang baik dengan karyawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja Karyawan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Jan 2012 00:50
Last Modified: 25 Apr 2015 08:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11658

Actions (login required)

View Item View Item