Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Pada Materi Pokok Perkalian Melalui Pendekatan Pembelajaran Pemecahan Masalah Di SD Negeri Winduasri Salem Brebes

nurani sri, imas (2010) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Pada Materi Pokok Perkalian Melalui Pendekatan Pembelajaran Pemecahan Masalah Di SD Negeri Winduasri Salem Brebes. Under Graduates thesis, universitas negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Pada Materi Pokok Perkalian Melalui Pendekatan Pembelajaran Pemecahan Masalah Di SD Negeri Winduasri Salem Brebes)
Download (75Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Nurani,Sri,Imas. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 3 Pada Materi Pokok Perkalian Melalui Pendekatan Pembelajaran Pemecahan Masalah Di SD Negeri Winduasri Salem Brebes. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Yuli Witanto, 2. Dra. Sri Ismi Rahayu, M.Pd, 130 halaman. Kata Kunci : Soal cerita perkalian, pendekatan pemecahan masalah. Hasil belajar pada materi perkalian siswa kelas III SD Negeri Winduasri Salem Brebes masih rendah. Hal tersebut terjadi karena proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Keadaan demikian perlu adanya perubahan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tingkah laku siswa ke arah positif yaitu dengan menggunakan pembelajaran pemecahan masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar, meningkatkan performansi guru, meningkatkan aktifitas belajar siswa. Berkaitan dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan memperbaiki dan meningkatkan kwalitas pembelajaran matematika SD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 13 siswa laki- laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data hasil pembelajaran diambil dengan memberikan tes kepada siswa setiap akhir pelaksanaan siklus. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dari hasil tes formatif siswa dan kualitatif dari hasil pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa dan performansi guru. Indikator keberhasilan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa, sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ) seorang siswa dianggap tuntas apabila telah mencapai kriteria ideal ketuntasan secara klasikal ketuntasan 70 %. Nilai Keriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) yang digunakan dalam penelitian ini adalah 65. Aktivitas belajar siswa apabila respond dan sikap siswa terhadap pelajaran lebih dari 70%, peran aktif siswa dalam pembelajaran lebih dari 60%, keberanian siswa dalam memberikan jawaban atas pertanyaan guru lebih dari 70%, keberanian siswa untuk bertanya pada guru lebih dari 60%. Performansi guru dalam pembelajaran dengan nilai 3. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata tes matematika siklus I sebesar 56,25 dengan ketuntasan belajar 64,17%. Dan pada siklus II rata – rata 71,60 dengan ketuntasan belajar 83,33% dan mengalami peningkatan sebesar 15,41. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran perkalian menggunakan pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas III SDN Winduasri tahun ajaran 2009/2010, aktivitas siswa dan performansi guru dalam pembelajaran materi pokok perkalian dalam bentuk soal cerita. Disarankan agar dalam pembelajaran matematika tentang materi perkalian menggunakan pendekatan pemecahan masalah.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Soal cerita perkalian, pendekatan pemecahan masalah.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: pkl8 pkl8
    Date Deposited: 26 Jan 2012 23:05
    Last Modified: 26 Jan 2012 23:05

    Actions (login required)

    View Item