Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Volum Kubus dan Balok di SD Negeri Bentarsari 03 Salem Brebes


susilawati, ema (2010) Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Volum Kubus dan Balok di SD Negeri Bentarsari 03 Salem Brebes. Under Graduates thesis, universitas negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Volum Kubus dan Balok di SD Negeri Bentarsari 03 Salem Brebes]
Preview
PDF (Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Volum Kubus dan Balok di SD Negeri Bentarsari 03 Salem Brebes)
Download (76kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Susilawati, Erna. 2010. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Volum Kubus dan Balok di SD Negeri Bentarsari 03 Salem Brebes. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dra. Nuning Andrijati, M.Pd. 2. Drs. Akhmad Junaedi, M.Pd. Kata Kunci : Volum Kubus dan Balok, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Hasil belajar pada materi volum kubus dan balok siswa kelas V SD Negeri Bentarsari 03 Salem Brebes masih rendah. Hal tersebut terjadi karena proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah saja sehingga tidak menarik perhatian siswa, dengan demikian siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Keadaan demikian perlu adanya perubahan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tingkah laku siswa ke arah positif yaitu dengan menggunakan pembelajaran Student Teams Achievement Division. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bentarsari 03 materi volum kubus dan balok. Berkaitan dengan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran geometri dan pengukuran di SD. Subjek dari penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Bentarsari 03 Salem Brebes Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes formatif, observasi, dan data dokumen. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah (1) apabila rata-rata kelas sekurang-kurangnya 60, (2) Apabila persentase tuntas klasikal sekurang-kurangnya 70%, (3) Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal 50%, (4) Kinerja guru dalam pembelajaran adalah 75% diukur dengan melihat lembar observasi guru. Berdasarkan hasil penelitian nilai rata-rata tes matematika siklus I sebesar 59,2 dengan ketuntasan belajar 68%. Dan pada siklus II rata – ratanya 73,6 dengan ketuntasan belajar 88% dan mengalami peningkatan sebesar 14,4. Aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I sebesar 39% dan pada siklus II sebesar 62%, serta mengalami peningkatan sebesar 23%. Kinerja guru dalam pembelajaran siklus I 74,7% dan pada siklus II 83%, serta mengalami peningkatan sebesar 8,3%. Simpulan dalam penelitian ini adalah dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division ada peningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Bentarsari 03 tahun ajaran 2009/2010 dan kinerja guru dalam pembelajaran materi volum kubus dan balok. Saran yang diberikan adalah guru keles V SD Negeri Bentarsari 03 salem Brebes dapat menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division sebagai salah satu upaya meningkatkan hasil belajar matematika volum kubus dan balok .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Volum Kubus dan Balok, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 6695 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2012 04:05
Last Modified: 27 Jan 2012 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11652

Actions (login required)

View Item View Item