Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model Pembelajaran VCT Percontohan Tema Bermusyawarah Kelas II Semester II SDN Kalilangkap 01 Bumiayu Brebes.


Haerun Nisa, 2010 (2010) Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model Pembelajaran VCT Percontohan Tema Bermusyawarah Kelas II Semester II SDN Kalilangkap 01 Bumiayu Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model Pembelajaran VCT Percontohan Tema Bermusyawarah Kelas II Semester II SDN Kalilangkap 01 Bumiayu Brebes.]
Preview
PDF (Peningkatan Hasil Belajar PKn melalui Model Pembelajaran VCT Percontohan Tema Bermusyawarah Kelas II Semester II SDN Kalilangkap 01 Bumiayu Brebes.) - Published Version
Download (122kB) | Preview

Abstract

Dari hasil tes akhir pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan kompetensi dasar “menampilkan sikap demokratis”, menunjukkan tingkat pemahaman siswa kelas II SD Negeri Kalilangkap 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes masih rendah. Karena kualitas pembelajaran ini merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa selain faktor dari diri siswa, maka yang menjadi masalah utama yang hendak dipecahkan adalah : “Bagaimana meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas II melalui model pembelajaran VCT percontohan”. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk membantu guru dalam menganalisis kinerja sendiri agar mampu memperbaiki pembelajaran di kelas, sehingga pembelajaran menjadi berkualitas. Secara khusus penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas belajar siswa dalam menerima PKn agar hasil yang dicapai maksimal. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas II SD Negeri Kalilangkap 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes sebanyak 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan penelitian tindakan kelas dalam setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data melalui lembar kegiatan siswa , tes formatif, lembar pengamatan, lembar intrumen evaluasi dan indikator keberhasilan seperti rata-rata kelas 65, tuntas klasikal 70 %. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran tema bermusyawarah. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 70,76 sedangkan pada siklus II mencapai 80,61. Tuntas klasikal pada siklus I sebesar 70,92 sedangkan pada siklus II mencapai 84,61. Sehingga terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 9,85 da tuntas klasikal sebesar 13,63. Simpulan dari penelitian ini adalah meningkatnya seluruh aspek kegiatan yang telah ditetapkan dan hasil belajar siswa, seperti rata-rata kelas 65 tuntas klasikal 70 %. Maka penulis menyarankan kepada semua guru di SD Negeri Kalilangkap 01 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dalam memberikan pembelajaran PKn pada materi bermusyawarah menggunakan model pembelajaran VCT percontohan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran VCT Percontohan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 6685 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2012 04:06
Last Modified: 27 Jan 2012 04:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11650

Actions (login required)

View Item View Item