. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu adalah pendekatan Genius Learning dan SQ3R


Anjar Hudaya, 2010 (2010) . Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu adalah pendekatan Genius Learning dan SQ3R. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu adalah pendekatan Genius Learning dan SQ3R]
Preview
PDF (. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu adalah pendekatan Genius Learning dan SQ3R) - Published Version
Download (163kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Metode pembelajaran yang umum dilakukan oleh guru yaitu ceramah. Dengan metode ini siswa cenderung lebih pasif tanpa ada kesempatan mengelola sendiri pengetahuan yang diperoleh, akibatnya siswa kurang memahami materi pelajaran. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu adalah pendekatan Genius Learning dan SQ3R. Pendekatan tersebut menempatkan siswa sebagai pusat pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Manakah hasil belajar yang lebih baik antara kelompok siswa yang diajar dengan pendekatan Genius Learning dan SQ3R dan berapa besar pengaruh kedua pendekatan terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan kesetimbangan kimia. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu cluster random sampling. Metode yang digunakan untuk mengambil data yaitu metode observasi, metode angket, metode tes, metode dokumentasi. Data hasil tes kognitif yang diperoleh akan dianalisis melalui 2 tahap yaitu uji tahap awal dan uji tahap akhir. Dari analisis data pada uji tahap awal diperoleh bahwa uji kesamaan rata-rata pada saat pre test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung = 0,085 sedangkan Ftabel = 2,030, karena Fhitung < Ftabel maka ketiga kelompok tersebut mempunyai kesamaan rata-rata yang sama. Sedangkan dari analisis data pada uji tahap akhir diperoleh bahwa uji perbedaan kedua rata-rata (satu pihak) pada saat post test diperoleh thitung = 3,093 lebih besar dari ttabel = 1,99, maka hipotesis Ho ditolak. Oleh karena Ho ditolak berarti pendekatan Genius Learning lebih baik daripada pendekatan SQ3R. Berdasarkan perhitungan koefisien biserial pengaruh pendekatan Genius Learning terhadap hasil belajar = 37,50% sedangkan SQ3R = 11,98% Kata Kunci : Pendekatan Genius Learning, Pendekatan SQ3R, Hasil Belajar. Learning methods are generally carried out by the teacher is lecturing. With this method tends to be more passive students have the opportunity to manage their own without the knowledge gained, as a result students do not understand the subject matter. One alternative that can be used which is Genius Learning and SQ3R approach. The approach was to place students as an educational center. The problem of this is "Which are the better learning results between groups of students who are taught by Genius Learning and SQ3R approach and how much influence these two approaches to the subject of student learning outcomes chemical equilibrium. The purpose of this study is to compare approaches Which is better and how much influence these two approaches

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Genius Learning, Pendekatan SQ3R, Hasil Belajar.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 6692 not found.
Date Deposited: 08 May 2012 04:34
Last Modified: 08 May 2012 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11601

Actions (login required)

View Item View Item