Refleksi Bangun ruang yang Dibatasi oleh Bidang Datar pada Ruang Eucild Berdimensi Tiga (R3).


Nasihu, 2010 (2010) Refleksi Bangun ruang yang Dibatasi oleh Bidang Datar pada Ruang Eucild Berdimensi Tiga (R3). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Refleksi Bangun ruang yang Dibatasi oleh Bidang Datar pada Ruang Eucild Berdimensi Tiga (R3). ] Microsoft Word (Refleksi Bangun ruang yang Dibatasi oleh Bidang Datar pada Ruang Eucild Berdimensi Tiga (R3). ) - Published Version
Download (59kB)

Abstract

Refleksi adalah suatu transformasi yaitu suatu proses yang memetakan titik pada bidang maupun pada ruang ke titik yang lainya. Bangun ruang yang dibahas adalah bangun ruang yang dibatasi oleh bidang datar. Dengan merefleksikan setiap titik yang telah ditentukan, kemudian secara bertahap jika suatu benda direfleksikan dari satu tempat ke tempat lain maka bentuk dan ukuranya kongruen dengan bangun yang baru. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana refleksi bangun ruang bersisi datar pada ruang Euclid berdimensi tiga (R3). Tujuan dari penulisan ini adalah mengetahui pemberlakuan isometri bidang di R3 sehingga dapat dinyatakan hasil refleksi pada balok, prisma, dan limas. Metode yang digunakan pada penulisan skripsi ini adalah studi pustaka. Kemudian hasil dari studi pustaka ini digunakan untuk mengumpulkan referensi yang diperlukan dalam menyusun skripsi. Hasil dari isometri pada ruang memiliki sifat-sifat mengawetkan besar sudut antara dua bidang mengawetkan kesejajaran antara dua bidang sehingga hasil isometri suatu bidang akan berupa bidang lagi. Pada dasarnya untuk merefleksian bangun ruang sisi datar di R3 adalah dengan merefleksikan setiap titik sudut. Jika bidang refleksi adalah bidang XOY, XOZ, atau YOZ maka dapat dikerjakan dengan mengalikan titik sudut tersebut dengan matrik standar sehingga diperoleh hasil refleksi sebuah titik, tetapi jika bidang refleksi adalah bidang sembarang maka refleksi tiap titiknya dapat dikerjakan dengan rumus yang dioperasikan terhadap tiap titik sudut. Hasil dari refleksi bangun ruang baru ini akan sama dan sebangun dengan bangun ruang aslinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: refleksi, bangun ruang bersisi datar, dimensi tiga.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 6685 not found.
Date Deposited: 08 May 2012 05:01
Last Modified: 08 May 2012 05:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11599

Actions (login required)

View Item View Item