Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Kembangsawit Kebumen melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan LKS pada Materi Operasi Hitung Pecahan


Viscaria, Muftiana (2010) Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Kembangsawit Kebumen melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan LKS pada Materi Operasi Hitung Pecahan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Kembangsawit Kebumen melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan LKS pada Materi Operasi Hitung Pecahan] Microsoft Word (Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Kembangsawit Kebumen melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan LKS pada Materi Operasi Hitung Pecahan) - Published Version
Download (56kB)

Abstract

Muftiana, Viscaria. 2010. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Kembangsawit Kebumen melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw berbantuan LKS pada Materi Operasi Hitung Pecahan. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I: Dr. Scolastika Mariani, M.Si. Dosen Pembimbing II: Drs. Suhito, M.Pd Kata Kunci : Jigsaw, Kemampuan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika pada siswa SD Negeri Kembangsawit Kebumen khususnya siswa kelas V tahun pelajaran 2009/2010 masih belum melibatkan potensi dan peran serta siswa secara optimal. Menanggapi permasalahan tersebut, maka dilaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Melalui Penelitian Tindakan Kelas model pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan aktifitas belajar siswa kelas V SD Negeri Kembangsawit Kebumen khususnya pada materi pokok pecahan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan pemahaman konsep siswa dan aktifitas belajar siswa kelas V SD Negeri Kembangsawit Kebumen pada materi pokok pecahan dapat ditingkatkan melalui implementasi model pembalajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa dan aktifitas belajar siswa kelas V SD Negeri Kembangsawit Kebumen melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dengan subyek siswa kelas V SD Negeri Kembangsawit tahun pelajaran 2009/ 2010 yang berjumlah 21 siswa, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diambil meliputi nilai hasil belajar, aktifitas guru, aktifitas siswa dan angket sikap siswa. Indikator yang ditetapkan guna mengukur keberhasilan atau dikatakan tuntas jika nilai hasil belajar siswa diperoleh > 68 dan ketuntasan klasikal > 80% serta aktifitas siswa akan pembelajaran > 80%. Berdasarkan hasil tes evaluasi pada akhir siklus I diperoleh nilai rata-rata klasikal 71,19 dan ketuntasan klasikal 76,19% serta keaktifan siswa meliputi 11 aspek rata-ratanya 63,6% sedang hasil tes evaluasi pada akhir siklus II diperoleh rata-rata klasikal 75,75 dan ketuntasan klasikal 85% serta keaktifan siswa meliputi 11 aspek nilai rata-ratanya 86,4% Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas ini dapat diambil simpulan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dan keaktifan siswa kelas V SD Negeri Kembangsawit Kebumen pada materi pokok Pecahan. Oleh karena itu disarankan kepada semua guru SD kelas V pada umumnya untuk menerapkan model pembelajaran ini pada pembelajaran Matematika khususnya pada materi pokok operasi hitung bilangan pecahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, Kemampuan Pemahaman Konsep
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 6695 not found.
Date Deposited: 08 May 2012 05:01
Last Modified: 08 May 2012 05:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11593

Actions (login required)

View Item View Item