PeningkatanKemampuanMenyelesaikanSoalCeritaOperasiPecahanmelaluiPembelajaranKooperatif STAD padaSiswaKelas IV SDNegeriMokaha 01 JatinegaraTegal.


Jumanto, Lukman (2010) PeningkatanKemampuanMenyelesaikanSoalCeritaOperasiPecahanmelaluiPembelajaranKooperatif STAD padaSiswaKelas IV SDNegeriMokaha 01 JatinegaraTegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PeningkatanKemampuanMenyelesaikanSoalCeritaOperasiPecahan melalui Pembelajaran Kooperatif STAD ] Microsoft Word (PeningkatanKemampuanMenyelesaikanSoalCeritaOperasiPecahan melalui Pembelajaran Kooperatif STAD ) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Jumanto, Lukman. 2010.PeningkatanKemampuanMenyelesaikanSoalCeritaOperasiPecahanmelaluiPembelajaranKooperatif STAD padaSiswaKelas IV SDNegeriMokaha 01 JatinegaraTegal.Skripsi PGSD UniversitasNegeri Semarang.Dra.NoeningAndrijati, M.Pd, Dra. Sri Sami Asih, M.Kes. Kata Kunci : Soal Cerita, Pembelajaran Kooperatif STAD, Operasi Pecahan. Hasil belajar dan aktivitas belajar Siswa kelas IV SD Negeri Mokaha 01 pada kompetensi soal cerita rendah. Siswa tidak tertarik dalam belajar matematika. Hal ini desebabkan karena guru tidak berinovasi dalam pemanfaatan model pembelajaran. Untuk itu perlu digunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Kooperatif STAD. Rumusan masalah yang diambil adalah apakah melalui model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi pecahan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran soal cerita operasi pecahan. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, siklus I terdapat tiga pertemuan dan siklus II terdapat dua pertemuan. Tempat penelitian adalah di SD Negeri Mokaha 01, Desa Mokaha Kec. Jatinegara Kab. Tegal. Data yang diambil dalam penelitian ini diperoleh dari siswa dan guru dalam bentuk data kuantitatif dan kualitatif. Data diambil melalui teknik tes, observasi, dan dokumen. Indikator keberhasilan yang digunakan adalah berupa hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan performansi guru. Berdasarkan hasil analisis, hasil belajar siswa pada siklus I mencapai ketuntasan 47% dan siklus II sebesar 80% dengan KKM 70%. Aktivitasbelajarsiswapadasiklus I mencapai 51% dansiklus II sebesar 77%, dengankriteria rata-rata minimal 54%.Data hasilbelajardanaktifitasbelajarsiswapadaakhirsiklusmenunjukkanpencapaianpada KKM yang telahditentukan, haliniberartikegiatanpenelitianiniberhasil.Simpulan yang diambildalampenelitianiniadalahbahwa model pembelajarankooperatif STAD dapatmeingkatkanaktivitasbelajardankemampuansiswadalammenyelesaikansoalceritaoperasipecahan.Hal iniditunjukkandenganhasilbelajarsiswa yang telahmencapai KKM padaakhirsiklus II.Selainituaktivitasbelajar yang dicapaisiswatelahmelampauiskor rata-rata minimal yang ditentukansebelumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Soal Cerita, Pembelajaran Kooperatif STAD, Operasi Pecahan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 6694 not found.
Date Deposited: 08 May 2012 05:02
Last Modified: 08 May 2012 05:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11582

Actions (login required)

View Item View Item