Penggunaan Media Audio Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas V SDN Buara 02 Ketanggungan Brebes.


Riyanto, Joko (2010) Penggunaan Media Audio Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas V SDN Buara 02 Ketanggungan Brebes. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Penggunaan Media Audio Meningkatkan Keterampilan Menyimak   Dongeng Pada Siswa Kelas V SDN Buara  02 Ketanggungan Brebes.] Microsoft Word (Penggunaan Media Audio Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas V SDN Buara 02 Ketanggungan Brebes.)
Download (54kB)

Abstract

Riyanto, Joko. Penggunaan Media Audio Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Pada Siswa Kelas V SDN Buara 02 Ketanggungan Brebes. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. HY Poniyo, M.Pd Pembimbing II : Drs. Suwandi, M.Pd. Kata Kunci :Dongeng, Keterampilan Menyimak, Media Audio Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan kita. Apabila seseorang mempunyai kemampuan berbahasa yang baik maka diharapkan dapat berkomunikasi dengan orang lain dengan baik dan benar. Masalah yang dialami siswa saat mengikuti pembelajaran meyimak yaitu banyak siswa yang sulit menemukan ide pokok dan menentukan watak seorang tokoh dalam dongeng Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng pada siswa kelas V SDN Buara 02. Penelitian ini memberikan masukan pada guru untuk menggunakan media yang tepat dan variatif bagi pembelajaran menyimak. Selain itu, supaya guru menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menarik dan tidak membosankan Subjek penelitian ini adalah keterampilan menyimak dongeng pada siswa kelas V SDN Buara 02 Ketanggungan Brebes. Penelitian ini dilakukan di kelas V dengan jumlah 44 siswa. Peneliti memilih kelas V SDN Buara 02 Ketanggungan Brebes karena pembelajaran menyimak yang digunakan guru kurang bervariasi. Salah satu kegiatan penting dalam penelitian adalah pengumpulan data yang diperlukan. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan suatu alat penelitian yang akurat, karena hasilnya sangat menentukan mutu dan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan nontes Kemampuan menyimak dongeng pada siswa kelas V SDN Buara 02 Ketanggungan Brebes setelah diadakan pembelajaran menyimak dongeng dengan menggunakan media audio mengalami peningkatan. Peningkatan keterampilan menyimak dongeng tersebut diketahui dari hasil tes pratindakan, siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata pada tes pratindakan sebesar 60,9 termasuk dalam kategori kurang, sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 70,9 termasuk dalam kategori cukup. Dengan demikian peningkatan nilai rata-rata keterampilan menyimak dari pratindakan ke siklus I sebesar 10 poin atau sebesar 14,1%. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 77,9 mengalami peningkatan sebesar 7 poin atau 8,9%. Sementara itu, peningkatan dari nilai target sebesar 7,9. Guru hendaknya memberikan variasi-variasi dalam pembelajaran menyimak diantaranya dengan penggunaan media audio untuk meningkatkan minat siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dongeng, Keterampilan Menyimak, Media Audio
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 6696 not found.
Date Deposited: 26 May 2012 10:01
Last Modified: 26 May 2012 10:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11562

Actions (login required)

View Item View Item