Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dilengkapi Teknik Penilaian Learning Journal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Karanglewas Tahun Pelajaran 2009/2010 Materi Pokok Segiempat.

Ali, Imron (2010) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dilengkapi Teknik Penilaian Learning Journal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Karanglewas Tahun Pelajaran 2009/2010 Materi Pokok Segiempat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dilengkapi Teknik Penilaian Learning Journal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Karanglewas Tahun Pelajaran 2009/2010 Materi Pokok Segiempat.) - Published Version
Download (181Kb)

    Abstract

    Imron, Ali. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dilengkapi Teknik Penilaian Learning Journal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 3 Karanglewas Tahun Pelajaran 2009/2010 Materi Pokok Segiempat. Skripsi, Matematika, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Kartono, M. Si, Pembimbing II: Dr. Rochmad, M.Si. Kata kunci: Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), Learning journal, dan hasil belajar, segiempat. Peserta didik terkadang masih merasa kesulitan dalam memahami konsep-konsep pada materi pelajaran yang bersifat abstrak. Kesulitan tersebut juga terlihat pada peserta didik kelas VIIC SMPN 3 Karanglewas. Geometri merupakan pelajaran yang bersifat abstrak, dan segiempat adalah materi yang terdapat dalam geometri. Oleh karena itu, guru perlu memilih model pembelajaran yang tepat, salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Terdapat satu kegiatan yang merupakan komponen kegiatan pembelajaran yang berfungsi ganda yaitu penyusunan learning journal oleh peserta didik. Di satu pihak berfungsi sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran dan di lain pihak sebagai instrumen penilaian untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dilengkapi teknik penilaian learning journal hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 3 Karanglewas tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok segiempat mencapai ketuntasan belajar; (b) apakah melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dilengkapi teknik penilaian learning journal dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMPN 3 Karanglewas tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok segiempat; (c) apakah melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dilengkapi teknik penilaian learning journal dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VII SMPN 3 Karanglewas tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok segiempat. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIC SMPN 3 Karanglewas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode observasi yang kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus I = 78.79% dan siklus II = 90.91%. Presentase ketuntasan aspek kemampuaan pemecahan masalah peserta didik pada siklus I = 78,79 % dan siklus II = 87,88 %. Presentase aktivitas peserta didik secara klasikal pada siklus I = 85,80 % dan siklus II = 90,34 %. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dilengkapi learning journal pada siklus II ketuntasan hasil belajar, ketuntasan aspek pemecahan masalah, dan aktivitas peserta didik mencapai ≥ 85 % semuanya. Dengan kata lain indikator keberhasilan penelitian telah tercapai.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning), Learning journal, dan hasil belajar, segiempat.
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
    Depositing User: pkl8 pkl8
    Date Deposited: 26 May 2012 06:06
    Last Modified: 26 May 2012 06:06

    Actions (login required)

    View Item