Penerapan Pembelajaran Kontekstual Inkuiri Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 03 Kaliprau Pemalang


Nur Laelah, 2010 (2010) Penerapan Pembelajaran Kontekstual Inkuiri Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 03 Kaliprau Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran Kontekstual Inkuiri Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 03 Kaliprau Pemalang]
Preview
PDF (Penerapan Pembelajaran Kontekstual Inkuiri Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 03 Kaliprau Pemalang) - Published Version
Download (162kB) | Preview

Abstract

Laelah Nur. 2010. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Inkuiri Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 03 Kaliprau Pemalang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP UNNES. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pebimbing I: Drs. Daroni,M.Pd. Pembimbing II: Drs. Sigit Yulianto. Terdiri dari 151 halaman Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran kontekstual, Inkuiri Di SD Negeri 03 Kaliprau proses pembelajaran IPA belum dapat mengoptimalkan Hasil belajar dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, terutama kelas V. Sehingga prestasi belajar yang diperoleh rendah sesuai keterangan guru yang menyatakan bahwa Kriteria Ketuntasan Minimal hanya sebesar 60%. Hal yang melatar belakangi rendahnya prestasi belajar siswa kelas v salah satunya Metode pembelajaran yang digunakan guru belum bervariasi, guru hanya menggunakan metode caramah. Sedangkan Pembelajaran yang diinginkan siswa adalah yang langsung dengan siswa sendiri yang menemukan konsep materi tersebut. Oleh karena itu, dalam pembelajaran mengenai materi cahaya guru menerapkan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan inkuiri dengan tujuan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah kelas V SD Negeri 03 Kaliprau semester 2 tahun ajaran 2009/2010. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data Kualitatif meliputi aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran. Data Kuantitatif meliputi Hasil tes formatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan siklus 1 sebesar 61% dan siklus 2 sebesar 85% siswa yang memiliki nilai sekurang-kurangnya dengan kategori cukup, sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 32,55% pada siklus 1 dan 95,34% siklus 2 siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Dari paparan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual dengan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran mengenai materi cahaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran kontekstual, Inkuiri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 6685 not found.
Date Deposited: 26 May 2012 10:07
Last Modified: 26 May 2012 10:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11555

Actions (login required)

View Item View Item