Penerapan Model Pembalajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SD N 2 Mengangkang.


Baryati, 2010 (2010) Penerapan Model Pembalajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SD N 2 Mengangkang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembalajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SD N 2 Mengangkang. ] Microsoft Word (Penerapan Model Pembalajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SD N 2 Mengangkang. ) - Published Version
Download (50kB)

Abstract

ABSTRAK Baryati, 2010. Penerapan Model Pembalajaran Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas IV SD N 2 Mengangkang. PTK Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Liftiah, S.Psi,M. Si, 85 halaman Kata Kunci : model pembelajaran, pemahaman konsep, keaktifan siswa. Masalah penelitian tindakan kelas ini adalah kurangnya pemahaman konsep penjumlahan bilangan bulat pada mata pelajaran matematika. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep bilangan negatif sehingga dalam mengerjakan operasi penjumlahan bilangan bulat mengalami kesulitan. Keaktifan dalam pembelajaran kurang sehingga hasil yang dicapai tidak optimal. Cara pemecahan masalah yang akan dilaksanakan adalah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together. Model pembelajaran numbered heads tigether merupakan model pembelajaran kelompok yang membagi tugas secara merata, sehingga semua anggota kelompok aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitia ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pemahaman konsep tentang operasi penjumlahan bilangan bulat mata pelajaran matematika dengan model pembelajaran nombered heads together pada siswa kelas IV SD N 2 Mengangkang. (2) Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran nomber heads together pada siswa kelas IV SD N 2 Mengangkang. (3) Meningkatkan hasil pembelajaran konsep hitung penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV SD N 2 Mengangkang. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD N 2 Mengangkang Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas dengan jumlah siswa 32 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester 2 (dua) tahun pelajaran 2009/2010. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, kuesioner, dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar yang dilaksanakan pada evaluasi pembelajaran. Pada studi awal nilai rata-rata klasikal 60,3, siklus I nilai rata-rata klasikal 72,2 dan pada siklus II nilai rata-rata klasikal 82,2. Sedangkan untuk ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan, pada studi awal ketuntasan belajar 40,6%, siklus I ketuntasan belajar 71,9% dan pada siklus II ketuntasan belajar 87,5%. Keaktifan siswa dalam pembelajaran juga mengalami peningkatan, pada siklus I keaktifan siswa 83,5% dengan kategori Baik dan pada siklus II keaktifan siswa 95% dengan kategori Baik Sekali. Peneliti menyarankan agar semua guru dapat mencari solusi pada setiap permasalahan atau kesulitan yang dihadapi dalam melaksanakan pembelajaran, dengan mengubah metode pembelajaran yang otodidak dengan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga dapat mencapai hasil yang optimal. Numbered heads together adalah salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kerja sama, tanggungjawab, dan keaktifan siswa dalam kerja kelompok sehingga dapat digunakan dalam pelajaran apapun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, pemahaman konsep, keaktifan siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 6685 not found.
Date Deposited: 26 May 2012 10:25
Last Modified: 26 May 2012 10:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11533

Actions (login required)

View Item View Item