. Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivis Mengenai Ciri–ciri Makhluk Hidup dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Songgom 06 Brebes.


Nurviyanti, Evy. , 2010 (2010) . Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivis Mengenai Ciri–ciri Makhluk Hidup dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Songgom 06 Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivis Mengenai Ciri–ciri Makhluk Hidup dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Songgom 06 Brebes.]
Preview
PDF (. Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivis Mengenai Ciri–ciri Makhluk Hidup dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Songgom 06 Brebes.) - Published Version
Download (133kB) | Preview

Abstract

Nurviyanti, Evy. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivis Mengenai Ciri–ciri Makhluk Hidup dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Songgom 06 Brebes. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Daroni, M.Pd; 2. Moh. Fathurrahman, S.Pd. M.Sn. (278 halaman) Kata kunci: Hasil belajar IPA dan Konstruktivis Hasil belajar siswa kelas V SD N Songgom 06 masih relatif rendah. Hal ini disebabkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pelajaran IPA. Siswa enggan dan takut bertanya kepada guru meskipun belum memahami materi yang diajarkan sehingga materi pelajaran tidak dapat dikuasai sepenuhnya oleh siswa. Selama ini guru menggunakan metode ceramah dan tugas individual. Cara ini ternyata kurang efektif dalam mencapai standar ketuntasan belajar. Berdasarkan uraian di atas, penulis berusaha meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivis. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran konstruktivis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru di SDN Songgom 06. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran konstruktivis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru di SDN Songgom 06. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas III SDN Songgom 06. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan kualitatif . Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh nilai rata-rata siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 56,73, kemudian siklus II meningkat menjadi 76,18. Peningkatan hasil belajar siswa ini diikuti dengan peningkatan keaktifan belajar siswa. Siswa semakin aktif bekerjasama dalam kelompok dan merasa senang selama proses pembelajaran. Dari hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil yaitu: (1) Penerapan model pembelajaran konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III semester 2 SDN Songgom 06, (2) Penerapan model pembelajaran konstruktivis dapat meningkatkan aktivitas siswa, (3) Penerapan model pembelajaran konstruktivis dapat meningkatkan performansi guru dalam pembelajaran. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti antara lain: (1) Melibatkan variabel moderator lain, seperti IQ (kecerdasan), sikap, motivasi, gaya berpikir, pengetahuan verbal (pengetahuan awal); dan (2) Menambah waktu pelaksanaan penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA dan Konstruktivis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 6688 not found.
Date Deposited: 26 May 2012 10:27
Last Modified: 26 May 2012 10:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

View Item View Item