Aplikasi Pengolahan dan Pelaporan Data Hasil Produksi Kertas NCR di PT. Pura Barutama Unit Coating Kudus Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0.

Busyrol Hana, 2010 (2010) Aplikasi Pengolahan dan Pelaporan Data Hasil Produksi Kertas NCR di PT. Pura Barutama Unit Coating Kudus Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

ABSTRAK Hana, Busyrol. 2010. Aplikasi Pengolahan dan Pelaporan Data Hasil Produksi Kertas NCR di PT. Pura Barutama Unit Coating Kudus Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Tugas Akhir, Program Studi Statistika Terapan dan Komputasi Jurusan Matematika Universitas negeri Semarang. Dra. Kusni, M.Si dan Endang Sugiharti, S.Si, M.Kom. Kata Kunci : Aplikasi komputer, kertas NCR, PT. Pura Barutama, Microsoft Visual Basic 6.0 Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mempunyai dampak yang sangat nyata terhadap pemrosesan data dengan adanya perubahan dari sistem manual digantikan oleh komputer. PT. Pura Barutama yang notabene adalah salah satu perusahaan penghasil teknologi masih menggunakan program Ms. Word dan Ms. Excel dalam melakukan pengolahan dan pelaporan data hasil produksi kertas NCR, sehingga perlu adanya suatu aplikasi tambahan yang dapat membantu proses tersebut menjadi lebih cepat, praktis, dan efisien. Masalah yang dibahas adalah bagaimana membuat model aplikasi yang tepat untuk mengolah dan melaporkan data hasil produksi kertas NCR di PT. Pura Barutama Unit Coating Kudus dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan bagaimana aplikasi tersebut dapat memudahkan dalam pengolahan dan pelaporan data hasil produksi. Tujuannya adalah membuat model aplikasi yang tepat untuk mengolah dan melaporkan data hasil produksi kertas NCR di PT. Pura Barutama Unit Coating Kudus dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan mengetahui kemudahan yang didapat dari aplikasi yang dihasilkan tersebut. Metode penelitian dilakukan melalui metode literatur, wawancara, dan metode observasi yang kemudian dilanjutkan dengan pembuatan program dan analisis program. Hasil dari kegiatan ini berupa program yang siap untuk diaplikasikan dalam pengolahan dan pelaporan data hasil produksi kertas NCR di PT. Pura Barutama Unit Coating Kudus dimana aplikasi ini berisi form utama yang terdiri dari menu file, master data, produksi, dan report. Dari uraian diatas dapat disimpulkan pembuatan model aplikasi yang tepat untuk mengolah dan melaporkan data hasil produksi kertas NCR di PT. Pura Barutama Unit Coating Kudus dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 melewati beberapa tahapan yaitu tahap studi kelayakan, rencana pendahuluan, analisis sistem, perencanaan sistem, dan implementasi sistem dengan langkah kerja yang sederhana serta program ini mampu mempermudah dalam pengolahan data serta mempercepat dalam pembuatan laporan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja. Dengan aplikasi ini disarankan perusahaan dapat mengaplikasikannya dalam pengolahan dan pelaporan data hasil produksi untuk mendapatkan hasil kinerja yang lebih baik dan efisien serta perlu juga diadakan pengembangan aplikasi lebih lanjut demi tercapainya aplikasi yang lebih lengkap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi komputer, kertas NCR, PT. Pura Barutama, Microsoft Visual Basic 6.0
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: pkl1 pkl1 pkl1
Date Deposited: 26 May 2012 06:29
Last Modified: 26 May 2012 06:29

Actions (login required)

View Item