Perbedaan Pengaruh Latihan Pass Bawah Berpasangan Saling Passing dan Berpasangan Dengan Salah Satu Siswa Melempar Bola Voli Terhadap Hasil Pass Bawah Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bola Voli SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2011.


Fitori Saifulnguza , 6301406071 (2011) Perbedaan Pengaruh Latihan Pass Bawah Berpasangan Saling Passing dan Berpasangan Dengan Salah Satu Siswa Melempar Bola Voli Terhadap Hasil Pass Bawah Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bola Voli SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Pengaruh Latihan Pass Bawah Berpasangan Saling Passing dan Berpasangan Dengan Salah Satu Siswa Melempar Bola Voli Terhadap Hasil Pass Bawah Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bola Voli SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2011.]
Preview
PDF (Perbedaan Pengaruh Latihan Pass Bawah Berpasangan Saling Passing dan Berpasangan Dengan Salah Satu Siswa Melempar Bola Voli Terhadap Hasil Pass Bawah Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bola Voli SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2011.) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh latihan pass bawah berpasangan saling passing, latihan pass bawah berpasangan dengan salah satu siswa melempar bola voli terhadap hasil pass bawah, dan perbedaan pengaruh latihan pass bawah berpasangan saling passing dan berpasangan dengan salah satu siswa melempar bola voli terhadap hasil pass bawah pada siswa putra ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang tahun 2011?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : pengaruh latihan pass bawah berpasangan saling passing, pengaruh latihan pass bawah berpasangan dengan salah satu siswa melempar bola voli terhadap hasil pass bawah dan perbedaan pengaruh latihan pass bawah berpasangan saling passing dan berpasangan dengan salah satu siswa melempar bola voli terhadap hasil pass bawah pada siswa putra ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang tahun 2011. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa putra yang mengikuti ekstra kurikuler bola voli SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2011 sebanyak 20 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah latihan pass bawah berpasangan saling passing dan berpasangan dengan salah satu siswa melempar bola voli, sedangkan Variabel terikat penelitian ini adalah hasil pass bawah dalam bola voli pada siswa putra ekstra kurikuler bola voli SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2011. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes passing bawah dari Brumbach Forearm Pass Wall – volley test dengan validitas 0,80 dan reliabilitas 0,896. Analisi data menggunakan t-test rumus pendek dengan taraf signifikan 0,05. Hasil analisis data diperoleh : 1.) Pengaruh latihan pass bawah berpasangan saling passing sebesar 9,73 %, 2.) Pengaruh latihan pass bawah berpasangan dengan salah satu siswa melempar bola voli sebesar 9,31 %, 3.) perbedaan pengaruh latihan pass bawah berpasangan saling passing dan berpasangan dengan salah satu siswa melempar bola voli sebesar 0,42 %. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh latihan pass bawah berpasangan saling passing dan berpasangan dengan salah satu siswa melempar bola voli terhadap hasil pass bawah pada siswa putra ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang tahun 2011. Saran dari peneliti adalah : Bagi guru Penjasorkes dan pelatih ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Bergas ataupun di SMA atau sekolah-sekolah lainnya dalam melatih kemampuan pass bawah disarankan menggunakan latihan pass bawah berpasangan saling passing atau berpasangan dengan salah satu siswa melempar bola voli, karena kedua metode latihan tersebut terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pass bawah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Olahraga bola volly
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jan 2012 01:09
Last Modified: 25 Apr 2015 08:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11487

Actions (login required)

View Item View Item