Model-model Pembelajaran Bahasa Jawa Kompetensi Menulis dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru SMA Negeri se-Kabupaten Kudus


Dwi Retno Nugraheni , 2102407131 (2011) Model-model Pembelajaran Bahasa Jawa Kompetensi Menulis dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru SMA Negeri se-Kabupaten Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Model-model Pembelajaran Bahasa Jawa Kompetensi Menulis dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru SMA Negeri se-Kabupaten Kudus]
Preview
PDF (Model-model Pembelajaran Bahasa Jawa Kompetensi Menulis dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru SMA Negeri se-Kabupaten Kudus) - Published Version
Download (347kB) | Preview

Abstract

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan perencanaan pembelajaran yang harus dibuat oleh guru. Guru harus membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai dengan kondisi siswa dan lingkungan belajar. Pembuatan RPP yang efektif dapat membantu guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran yang diterapkan harus disesuaikan dengan karakteristik pelajaran. Pembuatan RPP guru bahasa Jawa dalam setiap keterampilan mempunyai model pembelajaran yang berbeda-beda. Dalam pembelajaran menulis mempunyai beberapa model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembuatan RPP. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah variasi model pembelajaran menulis apa saja yang ada di dalam RPP guru bahasa Jawa SMA Negeri se-Kabupaten Kudus? Tujuan penelitian ini adalah variasi model pembelajaran bahasa Jawa kompetensi menulis yang ada di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru SMA Negeri se-Kabupaten Kudus. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif analisis. Data penelitian ini adalah model pembelajaran menulis dalam RPP guru bahasa Jawa SMA N se-Kabupaten Kudus. Sumber data dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran guru bahasa Jawa di SMA Negeri se-Kabupaten Kudus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP guru bahasa Jawa SMA Negeri se-Kabupaten Kudus kompetensi menulis bervariasi. Model pembelajaran menulis yang diterapkan adalah pembelajaran objek gambar, imajinatif, pemodelan, dan re-kreasi. Variasi muncul berdasarkan karakteristik kompetensi dasar dalam pembelajaran menulis. Saran yang dapat diberikan adalah hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran yang efektif sesuai dengan kompetensi dasar dalam pembuatan RPP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model-model pembelajaran, kompetensi menulis, RPP
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jan 2012 01:00
Last Modified: 25 Apr 2015 08:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11485

Actions (login required)

View Item View Item