Interaksi Sosial Antara Pekerja Seks Komersial (PSK) dengan Masyarakat (Studi Kasus di Kawasan Resosialisasi Argorejo Sunan Kuning Kota Semarang)


Subhi Azis Suryadi , 1201407028 (2011) Interaksi Sosial Antara Pekerja Seks Komersial (PSK) dengan Masyarakat (Studi Kasus di Kawasan Resosialisasi Argorejo Sunan Kuning Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Interaksi Sosial Antara Pekerja Seks Komersial (PSK) dengan Masyarakat (Studi Kasus di Kawasan Resosialisasi Argorejo Sunan Kuning Kota Semarang)]
Preview
PDF (Interaksi Sosial Antara Pekerja Seks Komersial (PSK) dengan Masyarakat (Studi Kasus di Kawasan Resosialisasi Argorejo Sunan Kuning Kota Semarang)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah PSK merupakan masalah sosial di masyarakat dengan dampak negatif terhadap timbulnya kemerosotan mental anak-anak dan generasi muda. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Interaksi Sosial antara Pekerja Seks Komersial (PSK) dengan (2) Bagaimana Dampak yang diterima Masyarakat dengan adanya Pekerja Seks Komersial (PSK)? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subyek penelitianSubyek penelitian berjumlah 14 orang, yang terdiri dari 5 PSK dan 5 masyarakat sebagai subyek dan 4 orang sebagai informan. Hasil penelitian: Hubungan PSK dengan masyarakat sekitar berjalan baik, di antara mereka tidak ada konflik ataupun perselisihan, Dampak negatif mengenai keberadaan PSK bagi masyarakat sekitar, tempat tersebut berpotensi sebagai tempat penyebaran penyakit seksual yakni HIV/AIDS, penyebaran minum-minuman keras dan narkoba. Dengan adanya PSK juga membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar yaitu, perekonomian masyarakat sekitar terbantu, dapat membuka lapangan pekerjaan baru seperti, adanya tukang parkir, dan ada juga yang membuka usaha warung makan ataupun toko-toko kecil, salon, dsb. Simpulan dalam penelitian ini adalah hubungan PSK dengan Masyarakat, Pengasuh, teman sesama PSK serta Pengasuh dengan masyarakat, tidak pernah terjadi konflik ataupun perselisihan. Keberadaan PSK berdampak negatif terhadap masyarakat yang berada disekitarnya, tetapi tidak hanya itu keberadaan PSK juga berdampak positif bagi masyarakat sekitar. Adapun dampak negatif bagi masyarakat yaitu dari aspek sosialogis dapat merusak sendi-sendi moral dan agama terhadap masyarakat sekitar, dari aspek pendidikan dapat mercuni generasi muda, dari aspek kewanitaan berdampak terhadap martabat wanita yang direndahkan, dari aspek kesehatan, sangat efektif sebagai tempat menularnya penyakit kelamin yaitu HIV/AIDS, dari aspek kamtibmas, dapat menimbulkan kegiatan-kegiatan kriminal, rawan pencurian yang sering meresahkan warga sekitar bahkan rawan pembunuhan. Saran dalam penelitian ini, bagi kelurahan memberikan kegiatan-kegiatan yang membangun kerja sama antara masyarakat dan para PSK, bagi pihak Resos harus memberikan pelatihan-pelatihan berupa keterampilan kepada para PSK, sedangkan bagi Pemerintah Kota Semarang terutama dinas sosial supaya lebih bijak dan serius dalam menanggulangi masalah prostitusi di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Pekerja Seks Komersial (PSK), Masyarakat.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jan 2012 05:17
Last Modified: 25 Apr 2015 08:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11483

Actions (login required)

View Item View Item