Preferensi Mahasiswa dalam memilih kartu seluler


Hidayah Purwaningsih, 2010 (2010) Preferensi Mahasiswa dalam memilih kartu seluler. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Preferensi  Mahasiswa  dalam  memilih  kartu  seluler ]
Preview
PDF (Preferensi Mahasiswa dalam memilih kartu seluler )
Download (160kB) | Preview

Abstract

Peningkatan jumlah pelanggan telepon seluler tidak terlepas dari persaingan yang ketat antar operator telepon seluler sehingga masing-masing berusaha menarik pelanggan sebanyak mungkin diantaranya dengan mempermudah proses menjadi pelanggan dan fasilitas yang ditawarkan seperti tarif telepon dan SMS murah, masa aktif kartu yang panjang, promo tarif paket, gratis besar-besaran, dan sebagainya. Ketatnya persaingan membuat para penyedia telekomunikasi saling berlomba menguasai pangsa pasar dengan cara memberikan nilai lebih terhadap kartu seluler yang diproduksi. Dengan menganalisis bagaimana sebenarnya preferensi konsumen terhadap produk kartu seluler, maka perusahaan dapat mengetahui strategi produk dan pasar yang akan dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen mengenai produk kartu seluler, menganalisis kombinasi atribut produk kartu seluler yang paling disukai konsumen. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada kajian preferensi mahasiswa Universitas Negeri Semarang terhadap kartu seluler. Untuk mencapai tujuan itu, maka digunakan Analisis Konjoin yang merupakan suatu metode analisis yang digunakan untuk mendapatkan kombinasi atau komposisi atribut-atribut suatu produk atau jasa berdasarkan preferensi konsumen. Analisis ini akan menghasilkan suatu kombinasi dari atribut-atribut (stimuli) kartu seluler berdasarkan preferensi konsumen. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan melakukan survei konsumen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling melalui teknik purposif dan accidental sampling dengan jumlah responden 100 orang Mahasiswa Universitas Negeri Semarang dari berbagai fakultas. Analisis preferensi konsumen menunjukkan bahwa responden menyukai kombinasi atribut kartu seluler GSM dengan masa aktif sebulan, tarif telepon per detik dan tarif SMS per pesan. Selain itu promo tarif paket yang lebih disukai adalah tarif paket SMS. Dan bonus yang lebih diinginkan adalah bonus internet. Dengan nilai importance atribut masa aktif (27,949), bonus (20,090), operator (18,093), tarif SMS (14,975), tarif telepon (10,038), dan yang terakhir adalah Promo (8,855). Hal ini menunjukkan bahwa dalam memilih kartu seluler, mahasiswa lebih cenderung memilih kartu seluler dengan melihat masa aktif kartu seluler, dilihat dari nilai importance tertinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Konjoin, Preferensi, Stimuli, Atribut
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 6685 not found.
Date Deposited: 27 May 2012 06:58
Last Modified: 27 May 2012 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11479

Actions (login required)

View Item View Item