Penggunaan Media CD Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD N Sayung 03 Demak


Amin Suprayitno, 2010 (2010) Penggunaan Media CD Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD N Sayung 03 Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan  Media  CD  Interaktif  Untuk  Meningkatkan  Hasil  Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD N Sayung 03 Demak]
Preview
PDF (Penggunaan Media CD Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD N Sayung 03 Demak)
Download (174kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Untuk menciptakan kebermaknaan belajar diperlukan media variatif yang dapat menunjang pembelajaran.Media komputer bisa memberikan pelayanan secara representatif, menampilkan sajian dalam format dan desain yang menaril, animasi gambar dan suara yang baik sesuai dengan kebutuhan pendididkan. Salah satunya Compack Disk (CD) interaktif yang dapat diamnfaatkan untuk media pembelajaran IPS. Permasalahan penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan media CD interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas IV SD N Sayung 3 Demak. Tujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan keterampilan guru dalam mengajar (2) meningkatkan aktivitas siswa (3) meningkatkan hasil belajar siswa. Objek penelitian ini yaitu penggunaan media CD interaktif untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV. Penelitian dilaksananakan di SD N Sayung 03 Demak. Adapun subyek pelaku tindakan adalah guru kelas IV dengan di bantu guru mitra dan subyek penerima tindakan guru dan siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2009/2010. Metode penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan tiga siklus dengan cara pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan wawancara.Teknik analisis data menggunakan rumus yang dikonultasikan dengan tabel kriteria deskriptif. Hasil penelitian penggunaan media CD interaktif dalam pembelajaran IPS menunjukan pada siklus I diperoleh persentase keterampilan guru 62,5% kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 84% dengan kategori baik, pada siklus III meningkat menjadi 94% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa, pada siklus I persentase aktivitas siswa 68% kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 78% kategori baik, sedangkan pada siklus III aktivitas siswa meningkat 86% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 54,16 dengan persentase ketuntasan 37%, siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 61,25 dengan persentase ketuntasan 58%, pada siklus III nilai rata-rata meningkat 80,4 dengan persentase ketuntasan 92%. Sehingga pada siklus III indikator keberhasilan sudah dapat tercapai. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CD interaktif dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N Sayung 03 Demak. Saran yang dapat diberikan adalah diadakan penelitian lebih lanjut agar penelitian ini dijadikan salah satu cara yang paling tepat untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan, terutama yang berkaitan dengan masalah upaya peningkatan hasil belajar siswa dan prestasi sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Media CD Interaktif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 6685 not found.
Date Deposited: 27 May 2012 07:00
Last Modified: 27 May 2012 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11478

Actions (login required)

View Item View Item