Kemampuan Guru Mata Pelajaran Dalam Menyinergikan antara Pengembangan Kurikulum, Rancangan Pembelajaran dan Pemediaannya Di MTs AL-Asror, Gunung Pati, Semarang

Rousemiati Julists, 2010 (2010) Kemampuan Guru Mata Pelajaran Dalam Menyinergikan antara Pengembangan Kurikulum, Rancangan Pembelajaran dan Pemediaannya Di MTs AL-Asror, Gunung Pati, Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Kemampuan Guru Mata Pelajaran Dalam Menyinergikan antara Pengembangan Kurikulum, Rancangan Pembelajaran dan Pemediaannya Di MTs AL-Asror, Gunung Pati, Semarang)
Download (152Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi yang dilakukan di MTs Al Asror, Semarang, diketahui bahwa dalam pengembangan kurikulum guru melakukan penjabaran kurikulum mata pelajaran dalam bentuk silabus secara individu pada tiap-tiap mata pelajaran. Beberapa guru mata pelajaran seperti IPA Terpadu belum mengembangkan silabus terbaru untuk tahun ajaran 2009/2010. Guru tersebut menggunakan acuan silabus yang digunakan pada tahun ajaran sebelumnya, yaitu 2008/2009. Dalam pengembangan silabus, contohnya mata pelajaran PKn, silabus disusun secara sederhana dan masih berupa tulisan tangan. Pada mata pelajaran PKn, guru belum menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Selain itu penggunaan media pembelajaran masih kurang dioptimalkan. Berdasarkan hal tersebut guna mengetahui sejauh mana kemampuan guru MTs Al Asror dalam menyinergikan antara pengembangan kurikulum, rancangan pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajarannya, maka dilakukan penelitian terhadap hal ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melalui pendekatan survai. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru di MTs Al Asror yang berjumlah 35 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling pada 16 orang guru mata pelajaran yang berbeda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kuantitatif dan dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan guru dalam pengembangan kurikulum adalah 77,75% berkategori baik, rata-rata kemampuan dalam menyusun rancangan pembelajaran adalah 73,38% berkategori baik, rata-rata kemampuan dalam pengetahuan media pembelajaran adalah 67,50% berkategori cukup baik, rata-rata kemampuan dalam menerapkan rancangan pembelajaran adalah 70,83% berkategori baik, rata-rata kemampuan dalam penggunaan media pembelajaran adalah 70,31% berkategori baik. Rata-rata kemampuan guru dalam kelima sub variabel adalah 74,03% berkategori baik. Jadi kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini bahwa rata-rata kemampuan guru MTs Al Asror dalam menyinergikan antara pengembangan kurikulum, rancangan pembelajaran dan pemediannya adalah baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kemampuan, sinergi, pengembangan kurikulum, rancangan pembelajaran, media pembelajaran.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: pkl1 pkl1 pkl1
    Date Deposited: 27 May 2012 03:00
    Last Modified: 27 May 2012 03:00

    Actions (login required)

    View Item