Efektifitas Metode e-learning Berbasis Internet Pada Mata Pelajaran Teori Basic Comersial Makanan Continental (BCMC) Kelas X Jasa Boga SMK Negeri 3 Klaten Tahun Ajaran 2009/2010


Rahmawati Kunindah, 2010 (2010) Efektifitas Metode e-learning Berbasis Internet Pada Mata Pelajaran Teori Basic Comersial Makanan Continental (BCMC) Kelas X Jasa Boga SMK Negeri 3 Klaten Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitas Metode e-learning Berbasis Internet Pada Mata  Pelajaran Teori Basic Comersial Makanan Continental (BCMC) Kelas X Jasa Boga SMK  Negeri 3 Klaten Tahun Ajaran 2009/2010]
Preview
PDF (Efektifitas Metode e-learning Berbasis Internet Pada Mata Pelajaran Teori Basic Comersial Makanan Continental (BCMC) Kelas X Jasa Boga SMK Negeri 3 Klaten Tahun Ajaran 2009/2010)
Download (162kB) | Preview

Abstract

SMK N 3 KLATEN kabupaten Katen adalah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, namun kegiatan pembelajaran masih dilaksanakan dengan pembelajaran konvensional, guru berceramah di depan kelas menjelaskan materi yang diberikan yang bersumber dari buku pegangan atau buku paket. Menurut info dari guru Jasa Boga Kegiatan pembelajaran konvensional ini menyebabkan sebagian siswa merasa kurang bersemangat dan cenderung bosan dalam belajar karena hanya mengandalkan materi yang diberikan oleh guru, akibatnya hasil belajar siswa kurang memuaskan dan siswa kurang kreatif. Untuk meningkatkan semangat dan kreatifitas siswa dalam belajar serta meningkatkan hasil belajar siswa, maka salah satu langkah yang dapat ditempuh adalah dengan menerapkan metode e-learning berbasis internet. Dari beberapa mata pelajaran teori Boga yang membutuhkan metode e-learning berbasis internet adalah mata pelajaran teori Basic Comersial Makanan Continental karena mata pelajaran ini merupakan salah satu mata pelajaran yang membutuhkan pengetahuan yang lebih tidak hanya mengandalkan pengetahuan dari guru saja.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran e-learning berbasis internet dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jasa Boga SMK Negeri 3 Klaten. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dan terpilih kelas XJB1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XJB3 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk kelas uji coba adalah kelas XJB2. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai 4,79 > 1,69 thitung > ttabel uji hipotesis I yaitu uji t satu sampel, sehingga H0 ditolak. Artinya, rata–rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih dari 65. Sedangkan untuk uji hipotesis II yaitu uji t dua sampel diperoleh nilai 2,91 > 1,70 thitung > ttabel , sehingga H0 ditolak. Artinya, rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih efektif daripada kelas kontrol. Artinya, metode pembelajaran e-learning berbasis internet efektif jika diterapkan pada mata pelajaran teori Basic Comersial Makanan Continental (BCMC) siswa kelas X SMK Negeri 3 KLATEN. Saran dari peneliti adalah guru Jasa Boga di SMK Negeri 3 KLATEN hendaknya mencoba untuk menerapkan metode pembelajaran e-learning berbasis internet untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode e-learning berbasis internet, Basic Comersial Makanan Continental (BCMC)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga, S1
Depositing User: Users 6685 not found.
Date Deposited: 27 May 2012 07:04
Last Modified: 27 May 2012 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11474

Actions (login required)

View Item View Item