Pengaruh Return On Assets, Return On Equity, Earning Per Share, Dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham Perusahaan Food And Beverages yang Terdaftar di BEI


Nugroho, Yudhi Sulistyo (2010) Pengaruh Return On Assets, Return On Equity, Earning Per Share, Dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham Perusahaan Food And Beverages yang Terdaftar di BEI. Under Graduates thesis, Universitas Negri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Return  On  Assets,  Return  On  Equity,  Earning  Per  Share, Dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham Perusahaan Food And Beverages yang  Terdaftar  di  BEI]
Preview
PDF (Pengaruh Return On Assets, Return On Equity, Earning Per Share, Dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham Perusahaan Food And Beverages yang Terdaftar di BEI)
Download (26kB) | Preview

Abstract

Nugroho, Yudhi Sulistyo. 2010. Pengaruh Return On Assets, Return On Equity, Earning Per Share, Dan Price Earning Ratio Terhadap Return Saham Perusahaan Food And Beverages yang Terdaftar di BEI. Jurusan Manajemen Keuangan. Fakultas Akonomi. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Return On Assets, Return On Equity, Earning Per Share, Dan Price Earning Ratio, Return Saham Return Saham sangat penting bagi investor untuk menentukan keputusan dalam melakukan investasi. Untuk itu investor perlu memperhatikan dan cermat dalam melakukan penilaian kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba. Kinerja keuangan dapat digunakan sebagai input untuk membayar return (tingkat pengebalian) yang mungkin diperoleh sebagai akibat investasi di saham Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh Return On Assets, Return On Equity, Earning Per Share, Dan Price Earning Ratio terhadap Return Saham secara simultan pada perusahaan Food And Beverages yang terdaftar di BEI? dan (2) Adakah pengaruh Return On Assets, Return On Equity, Earning Per Share, Dan Price Earning Ratio terhadap Return Saham secara parsial pada perusahaan Food And Beverages yang terdaftar di BEI? Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan Food And Beverages yang terdaftar di BEI selama tahun 2006-2009 sebanyak 19 perusahaan. Berdasarkan kriteria purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 17 perusahaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji asumsi klasik dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Return On Assets, Return On Equity, Earning Per Share, Dan Price Earning Ratio secara simultan berpengaruh terhadap Return Saham sebesar 36,6% dan selebihnya 63,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian, yang ditunjukkan dengan nilai adjusted R-Square = 0,366 dan nilai F hitung = 10,690 dengan probabilitas 0,000<0,05. Secara parsial Return On Assets, Earning Per Share, dan Price Earning Ratio berpengaruh signifikan terhadap Return Saham dimana nilai signifikansi sebesar 0,016<0,05, 0,003<0,05 dan 0,001<0,05 sehingga H2, H4 dan H5 diterima. Sedangkan Return On Equity tidak berpengaruh terhadap Return Saham yang ditunjukkan dengan signifikansi 0,141>0,05 sehingga H3 ditolak. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa secara simultan ada pengaruh antara Return On Assets, Return On Equity, Earning Per Share, dan Price Earning Ratio terhadap Return Saham pada Perusahaan Food And Beverages di BEI. Secara parsial Return On Assets, Earning Per Sahare, dan Price Earning Ratio berpengaruh signifikan terhadap Return Saham, Sedangkan Return On Equity tidak berpengaruh terhadap Return Saham. Saran terhadap perusahaan Food and Beverages adalah peningkatan kinerja dan pengoptimalan aset yang diharapkan nilai perusahaan akan mengalami kenaikan yang diikuti dengan kenaiakn harga saham sehingga modal perusahaan juga bertambah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets, Return On Equity, Earning Per Share, Dan Price Earning Ratio, Return Saham
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 6694 not found.
Date Deposited: 27 May 2012 07:09
Last Modified: 27 May 2012 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11448

Actions (login required)

View Item View Item