Peranan Perpustakaan Sekolah dalam Penyelesaian Tugas Mata Pelajaran Geografi


Dewi , Handayaningsih (2010) Peranan Perpustakaan Sekolah dalam Penyelesaian Tugas Mata Pelajaran Geografi. Under Graduates thesis, Universitas Negri Semarang.

[thumbnail of ABSTRAK_11728.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (119kB) | Preview

Abstract

Dewi Handayaningsih. 2010. “Peranan Perpustakaan Sekolah dalam Penyelesaian Tugas Mata Pelajaran Geografi Kelas X Semester 2 di SMA Negeri 1 Pati Tahun Ajaran 2009/2010”. Skripsi. Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing: Dra. Eva Banowati, M. Si dan Rahma Hayati, S.Si, M. Si. Kata kunci : Peranan Perpustakaan Sekolah, dan Penyelesaian Tugas Mata Pelajaran Geografi. Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pati sebagai sekolah bertaraf internasional mempunyai perpustakaan sekolah yang cukup lengkap yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah, koleksi yang ada di perpustakaan sekolah dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Siswa pada umumnya mengunjungi atau memanfaatkan koleksi perpustakaan sekolah ketika ada tugas dari guru mata pelajaran mereka. Perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar mempunyai peranan yang besar dalam kelancaran pembelajaran, terlebih jika siswa dan guru dapat bekerja sama dalam memanfaatkan perpustakaan sekolahnya masing-masing.. Dari latar belakang tersebut dapat diambil rumusan masalah seberapa besar peranan perpustakaan sekolah dalam penyelesaian tugas mata pelajaran geografi. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahuai seberapa besar peranan perpustakaan sekolah dalam penyelesaian tugas mata pelajaran geografi. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memotivasi guru dan siswa agar lebih memaksimalkan perpustakaan sekolah dalm proses pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pati, Kabupaten Pati. Sampel yang digunakan adalah 20 % dari seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pati, yaitu berjumlah 62 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase. Peranan perpustakaan sekolah dalam penyelesaian tugas mata pelajaran geografi khususnya dalam tugas peta curah hujan dan kliping, dapat dilihat bahwa sebanyak 17,74% termasuk dalam kriteria sangat berperan, sebanyak 82,26% termasuk dalam berperan. Koleksi perpustakaan sekolah yang dapat dimanfaatkan dalam penyelesaian tugas yaitu buku teks, buku non teks, koran, majalah, dan tabloid. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa perpustakaan sekolah berperan dalam membantu siswa dalam penyelesaian tugas peta curah hujan dan kliping dengan memanfaatkan koleksi yang tersedia di perputakaan sekolah. Saran yang dapat diajukan adalah guru mata pelajaran geografi hendaknya lebih mengintensifkan pemberian tugas yang tersedia di perpustakaan sekolah, agar siswa lebih aktif menggunakan koleksi perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peranan Perpustakaan Sekolah, dan Penyelesaian Tugas Mata Pelajaran Geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 6685 not found.
Date Deposited: 27 May 2012 07:11
Last Modified: 27 May 2012 07:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11438

Actions (login required)

View Item View Item