Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kelompok Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX MTs. NU Tamrinut Thullab Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2009/2010.


Atminah, 2010 (2010) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kelompok Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX MTs. NU Tamrinut Thullab Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kelompok Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX MTs. NU Tamrinut Thullab Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2009/2010.]
Preview
PDF (Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kelompok Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IX MTs. NU Tamrinut Thullab Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2009/2010.) - Published Version
Download (179kB) | Preview

Abstract

Persepsi atau penilaian siswa terhadap sesuatu baik disadari atau tidak akan berpengaruh terhadap tingkah laku siswa. Persepsi siswa yang baik terhadap suatu hal akan mendorong dan memotivasi siswa untuk bertingkah laku atau melakukan tindakan yang baik terhadap suatu hal tersebut. Sebaliknya persepsi siswa yang kurang baik akan cenderung mendorong siswa untuk melakukan tindakan yang kurang baik atau cenderung negatif. Begitu juga persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS yang baik maka siswa akan merasa senang dalam mengikuti pembelajaran IPS di kelas dan akan lebih mudah berkonsentrasi sehingga siswa dapat menerima pelajaran dengan baik, dan hasil belajarpun akan baik, sebaliknya jika persepsi siswa kurang baik akan berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa karena dengan persepsi atau penilaian yang kurang baik terhadap IPS maka siswa akan kehilangan motivasinya untuk belajar IPS, anak akan cenderung malas untuk belajar IPS dan akhirnya hasil belajar IPS anak rendah.Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana persepsi siswa tentang kelompok mata pelajaran IPS dan 2) bagaimana pengaruh persepsi tentang kelompok mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IX MTs. NU Tamrinut Thullab Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus tahun ajaran 2009/2010. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui persepsi siswa tentang IPS dan 2) untuk mengetahui adakah pengaruh antara persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IX MTs. NU Tamrinut Thullab Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus tahun ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs. NU Tamrinut Thullab Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 82 siswa. Besarnya sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 41 siswa atau sebesar 50% dari jumlah populasi, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah: 1) variabel bebas yaitu persepsi siswa tentang mata pelajaran IPS dan 2) variabel terikat yaitu hasil belajar IPS siswa kelas IX MTs. NU Tamrinut Thullab Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus tahun ajaran 2009/2010. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 80,49% responden siswa memiliki persepsi yang baik, dan secara umum hasil belajar IPS siswa dalam kategori baik (nilai raport IPS rata-rata adalah 73) dan semua siswa tergolong tuntas karena nilai IPS telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) IPS yaitu 60. Hal itu membuktikan bahwa dengan persepsi siswa yang baik maka hasil belajar IPS siswa juga baik. Persepsi siswa yang baik akan mempengaruhi hasil belajar IPS karena cara pandang, pengetahuan, penilaian siswa tentang IPS akan berpengaruh pada motivasi belajar IPS siswa dan akan berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan hasil analisis dari koefisien determinasi, pengaruh yang diberikan oleh persepsi siswa tentang IPS terhadap hasil belajar IPS siswa adalah sebesar 15,60% dan sebesar 84,40% lagi dipengaruhi oleh faktor lain yaitu pemilihan metode mengajar, penggunaan media pembelajaran serta sarana dan prasarana pembelajaran yang dimiliki oleh sekolah. Berdasarkan penelitian dan perhitungan dapat diketahui besarnya pengaruh mencapai ������� 7,206 > Ftabel 4,09 maka hipotesis kerja yang menyatakan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara persepsi siswa tentang IPS dan hasil belajar IPS siswa kelas IX MTs. NU Tamrinut Thullab Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus tahun ajaran 2009/2010 “diterima”. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) persepsi tentang kelompok mata pelajaran IPS siswa kelas IX MTs. NU Tamrinut Thullab adalah 80,49% tergolong dalam kriteria baik dan 19,51% lagi tergolong dalam kriteria sangat baik, 2) Ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kelompok mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar IPS siswa, dan 3) berdasarkan analisis dari koefisien determinasi diperoleh bahwa pengaruh persepsi tentang IPS terhadap hasil belajar IPS sebesar 15,60% dan sebesar 84,60% lagi dipengaruhi oleh faktor lain seperti penggunaan media pembelajaran, pemilihan metode mengajar dan sebagainya. Saran 1) bagi guru hendaknya lebih bervariasi dan terampil dalam menggunakan metode dan media mengajar komunikatif, dan hendaknya mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan agar siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran di kelas 2) bagi para orang tua hendaknya senantiasa melengkapi kebutuhan siswa khususnya sumber-sumber belajar IPS dan pealatan sekolah 3) bagi sekolah hendaknya melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk mendukung pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi IPS, hasil belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Users 6685 not found.
Date Deposited: 27 May 2012 07:12
Last Modified: 27 May 2012 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11433

Actions (login required)

View Item View Item