Pemanfaatan Permainan Kotak Kartu Misteri (Kokami) untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada kelas VII MTs. AL ISLAM Sumurrejo Gunungpati Semarang Tahun ajaran 2009/2010


shoimmah, 2010 (2010) Pemanfaatan Permainan Kotak Kartu Misteri (Kokami) untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada kelas VII MTs. AL ISLAM Sumurrejo Gunungpati Semarang Tahun ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, universitas negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

ABSTRAK Shoimmah. 2010. Pemanfaatan Permainan Kotak Kartu Misteri (Kokami) untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada kelas VII MTs. AL ISLAM Sumurrejo Gunungpati Semarang Tahun ajaran 2009/2010. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Dr. Zaim El Mubarok, M.Ag. Pembimbing II : Zukhaira, S.S., MPd. Kata kunci: Keterampilan berbicara, permainan Kotak Kartu Misteri (Kokami). Dalam pembelajaran berbahasa Arab terdapat empat kompetensi dasar, yaitu kompetensi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pengajaran keterampilan berbicara menjadi pilihan untuk penelitian Karena masih banyaknya kesalahan siswa dalam menggunakan kata-kata secara tepat dalam mengungkapkan gagasan atau menjawab pertanyaan secara lisan. Hambatan yang sering muncul dalam proses pembelajaran bahasa Arab sehingga siswa kurang terampil berbicara adalah: (1) Kemampuan berbicara bahasa Arab siswa masih sangat dasar sekali. (2) Minimnya kosakata bahasa Arab yang dimiliki siswa. (3) Penerapan metode pembelajaran kurang inovatif. (4) Kurang variasinya media dalam kegiatan pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, perlu ada alternatif teknik maupun media pembelajaran keterampilan berbicara. Salah satunya adalah permainan Kotak Kartu Misteri untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Permainan Kotak Kartu Misteri akan sangat mendukung siswa dalam proses pembelajaran, karena permainan bahasa memberikan kebebasan bagi siswa untuk berekspresi, mengungkapkan dan mengeluarkan segala kreativitas dan bakat yang ada dalam dirinya. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas VII MTs. AL ISLAM Sumurrejo Gunungpati Semarang setelah diterapkannya pembelajaran melalui permainan Kotak Kartu Misteri?, dan (2) Bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VII MTs. AL ISLAM Sumurrejo Gunungpati Semarang setelah diterapkan pembelajaran melalui permainan Kotak Kartu Misteri?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas VII MTs. AL ISLAM Sumurrejo Gunungpati Semarang setelah diterapkannya pembelajaran melalui permainan Kotak Kartu Misteri, dan (2) Untuk mengetahui perubahan perilaku siswa kelas VII MTs. AL ISLAM Sumurrejo Gunungpati Semarang setelah diterapkan pembelajaran melalui permainan Kotak Kartu Misteri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari data tes dapat diketahui peningkatan yaitu skor rata- rata kelas dari 20 siswa pada siklus I adalah 33,84 dan pada siklus II adalah 66,9. Dapat diketahui bahwa terj adi peningkatan hasil belajar subjek penelitian dari tiap pertemuan. Dalam prosentase peningkatan tersebut adalah 16,3 % dari pertemuan I ke pertemuan II. Dan terjadi peningkatan sebesar 61,37 % dari pertemuan II ke pertemuan III. Selanjutnya peningkatan 14,35 % dari pertemuan III ke pertemuan IV. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab melalui permainan bahasa pada siswa kelas VII MTs. AL ISLAM Sumurrejo Gunungpati Semarang adalah sebesar 30,67 %. Hasil analisis data nontes juga menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa kelas VII MTs. AL ISLAM Sumurrejo Gunungpati Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, permainan Kotak Kartu Misteri (Kokami).
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 6697 not found.
Date Deposited: 27 May 2012 07:12
Last Modified: 27 May 2012 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11429

Actions (login required)

View Item View Item