Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian batik pada pasar grosir Setono Pekalongan


Diyah Rianawati, 2010 (2010) Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian batik pada pasar grosir Setono Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian batik pada pasar grosir Setono Pekalongan] Microsoft Word (Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian batik pada pasar grosir Setono Pekalongan) - Published Version
Download (59kB)

Abstract

Hasil omset penjualan batik di pasar grosir Setono Pekalongan mengalami fluktuatif yaitu jumlah penjualan yang tidak pasti terkadang mengalami kenaikan dan penurunan yang drastis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ada tidaknya pengaruh produk, harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian batik di pasar grosir Setono Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian serta faktor dominan yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan proses keputusan pembelian batik di pasar grosir Setono Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli batik di pasar grosir Setono Pekalongan. Sampel sebanyak 102 pembeli batik di pasar grosir Setono Pekalongan. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik accidental sampling. Variabel terdiri dari Produk(X1), Harga (X2), Promosi (X3) dan Proses keputusan pembelian (Y). Metode pengumpulan data digunakan metode dokumentasi dan metode angket. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian melalui analisis regresi berganda diperoleh persamaan regresi Y = 11.353 + 0.263X1 + 0.354X2 + 0.325X3. Uji keberartian persamaan regresi dengan uji F diperoleh Fhitung = 46.814 dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 berarti secara simultan ada pengaruh positif dan signifikan antara produk, harga dan promosi terhadap proses keputusan pembelian. Hasil uji secara parsial diperoleh thitung= 5.144 untuk variabel produk, berarti ada pengaruh secara signifikan antara produk terhadap proses keputusan pembelian, thitung= 4.409 untuk variabel harga berarti ada pengaruh secara signifikan antara harga terhadap proses keputusan pembelian, thitung= 3.495 untuk variabel promosi berarti ada pengaruh secara signifikan antara promosi terhadap proses keputusan pembelian. Simpulan penelitian bahwa produk, harga dan promosi berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian baik secara simultan dan parsial. Sedangkan faktor paling dominan berpengaruh terhadap proses keputusan pembelian batik adalah faktor produk. Saran penelitian ini adalah pengrajin batik Pekalongan hendaknya lebih berkreasi dalam mendesain batik dan bagi pengelola pasar grosir Setono hendaknya lebih meningkatkan promosi agar masyarakat lebih tertarik untuk membeli batik di pasar grosir Setono Pekalongan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Produk, Harga, Promosi, Proses Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 6685 not found.
Date Deposited: 27 May 2012 07:13
Last Modified: 27 May 2012 07:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11415

Actions (login required)

View Item View Item