Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inquiri pada Kelas 4 SD Negeri Sekaran 01 Kec. Gunungpati Semarang tahun Pelajaran 2009/2010
Supatmi, 2010 (2010) Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inquiri pada Kelas 4 SD Negeri Sekaran 01 Kec. Gunungpati Semarang tahun Pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inquiri pada Kelas 4 SD Negeri Sekaran 01 Kec. Gunungpati Semarang tahun Pelajaran 2009/2010)
- Published Version
Download (54kB) |
Abstract
Supatmi, 2010. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inquiri pada Kelas 4 SD Negeri Sekaran 01 Kec. Gunungpati Semarang tahun Pelajaran 2009/2010. Pembimbing I Dra. Sri Sugiyatmi, M.Kes. dan Pembimbing II Drs. A. Zaenal Abidin, M.Pd. Kata Kunci : Ketrampilan mengajar, Aktivitas siswa, Pendekatan inquiry . Penelitian ini dilatarbelakangi adanya wacana bahwa IPA salah satu mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional (UN), sedangkan melalui pengamatan peneliti guru dalam mengajar masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu peneliti tertarik menerapkan pendekatan Inquiry dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Melalui Pendekatan ini diharapkan tercipta suatu kondisi yang mengarah kepada siswa untuk melakukan aktivitas belajar. Peranan guru sangat penting dalam melakukan berbagai usaha untuk menumbuhkan dan memotivasi agar anak didiknya melakukan aktivitas belajar dengan baik. Salah satu cara untuk membangkitkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan pendekatan Inquiry. Pendekatan ini merupakan metode untuk menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar yang aktif melalui kegiatan-kegiatan eksperimen. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah melalui Pendekatan Inquiry dapat meningkatkan aktivias siswa dalam mengikuti pelajaran IPA ? (2) Apakah melalui Pendekatan Inquiry dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran ? dan (3) Apakah melalui Pendekatan Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA?. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran IPA melalui pendekatan Inquiry, (2) untuk mengetahui kinerja guru dalam aktivitas pembelajaran melalui pendekatan Inquiry dan (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Subyek penelitian ini adalah semua siswa dan guru kelas 4 SD Negeri Sekaran 01 Kecamatan Gunungpati Semarang tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 24 terdiri anak laki-laki 11 siswa dan anak perempuan 13 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPA dengan menggunakan soal test, aktifitas siswa yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang diperoleh dengan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada peningkatan aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran IPA dengan skor rata-rata siklus I : 2,65, siklus II : 3,03 dan siklus III : 3,08. (2) ada peningkatan ketrampilan guru dalam proses pembelajaran dengan skor rata-rata siklus I : 3,0 %, siklus II : 3,5 % kemudian siklus III : 3,8 % (3) Metode Inquiry Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Sekaran 01 Semarang dengan nilai ketuntasan siklus I : 58,3 %, siklus II : 83 %, siklus III : 91 %, nilai rata-rata postes siklus I : 65,8, siklus II : 73 dan siklus III meningkat menjadi : 77,8 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Inquiry dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, kinerja guru dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketrampilan mengajar, Aktivitas siswa, Pendekatan inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 6688 not found. |
Date Deposited: | 27 May 2012 07:14 |
Last Modified: | 27 May 2012 07:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11413 |
Actions (login required)
View Item |