PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN CAHAYA DENGAN PERCOBAAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Taufik Nur , Hidayat (2010) PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN CAHAYA DENGAN PERCOBAAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN CAHAYA DENGAN PERCOBAAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA )
- Published Version
Download (156kB) | Preview |
Abstract
Dalam rangka meningkatkan keaktifan siswa selama proses kegiatan pembelajaran diperlukan metode pembelajaran variatif dan menyenangkan yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pebelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran IPA fisika dengan percobaan berbasis inkuiri terbimbing pada kelas VIII C SMP Negeri 4 Ungaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian eksperimen dengan kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelompok kontrol. Kelompok kontrol diterapkan metode pembelajaran konvensional yaitu dengan ceramah. Data hasil belajar kognitif diperoleh melalui tes, hasil belajar psikomotorik diperoleh melalui lembar observasi selama melakukan percobaan, dan hasil belajar afektif diperoleh melalui skala motivasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar kognitif secara signifikan pada kelompok eksperimen. Motivasi dan hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran IPA fisika dengan percobaan berbasis inkuiri terbimbing dapat menarik minat siswa untuk aktif selama proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, Hasil belajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 6695 not found. |
Date Deposited: | 27 May 2012 07:14 |
Last Modified: | 27 May 2012 07:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11409 |
Actions (login required)
View Item |