Earning Per Share (EPS), dan Book Value Per Share (BV) terhadap Harga Saham Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Aji Sukmaningrat, Yusuf (2010) Earning Per Share (EPS), dan Book Value Per Share (BV) terhadap Harga Saham Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari dividen, EPS, dan BV terhadap harga saham perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh saham perusahaan go public (emiten) yang tercatat di BEI periode 2006 sampai 2009. Sampel penelitian diambil berdasarkan teknik purposive sampling, dan didapatkan sampel sebanyak 652. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dividen, EPS, dan BV sebagai variabel bebas dan harga saham sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi untuk mendapatkan data mengenai dividen, EPS, BV dan harga saham. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis regesi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y = 1,065 + 0,260X1 + 0,323X2 + 0,331X3. Secara parsial, hasil pengujian menunjukkan bahwa dividen, EPS, dan BV berpengaruh terhadap harga saham yang dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 8,331 untuk dividen, 7,710 untuk EPS, dan 6,651 untuk BV dengan signifikansi 0,000. Sedangkan secara simultan, diperoleh F-hitung 634,169 dengan signifikansi 0,000 sehingga terbukti bahwa dividen, EPS dan BV secara bersama-sama berpengaruh terhadap harga saham. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa 80,7% harga saham dipengaruhi oleh dividen, EPS dan BV dan 19,3% sisanya, dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini yaitu dividen, EPS, dan BV berpengaruh positif terhadap harga saham perusahaan yang terdaftar di BEI baik secara parsial maupun secara simultan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah investor hendaknya mempertimbangkan nilai dividen, EPS dan BV perusahaan sebelum menanamkan modalnya. Bagi peneliti lain yang hendak melakukan penelitian sejenis, disarankan untuk menggunakan populasi yang lebih luas dengan variabel yang lebih banyak serta memperhatikan periode dari variabel-variabel yang digunakan agar hasilnya dapat lebih maksimal serta dapat dipertangungjawabkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dividen, EPS, BV, Harga Saham
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: pkl10 pkl10
Date Deposited: 27 May 2012 03:15
Last Modified: 27 May 2012 03:15

Actions (login required)

View Item