Perbedaan Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Sebelum dan Sesudah Pemberian Media Buku “Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil” Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Ngembal Kulon Kabupaten Kudus 2010”.

Andina, Sabilla (2010) Perbedaan Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Sebelum dan Sesudah Pemberian Media Buku “Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil” Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Ngembal Kulon Kabupaten Kudus 2010”. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF (Perbedaan Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Sebelum dan Sesudah Pemberian Media Buku “Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil” Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Ngembal Kulon Kabupaten Kudus 2010”.)
Download (226Kb)

    Abstract

    Andina Sabilla. 2010. “Perbedaan Pengetahuan dan Sikap tentang Gizi Sebelum dan Sesudah Pemberian Media Buku “Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil” Pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Ngembal Kulon Kabupaten Kudus 2010”. Skripsi. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I, dr. Oktia Woro K.H, M. Kes. Pembimbing II, dr. Mahalul Azam, M.Kes. Kata Kunci : Perbedaan Pengetahuan dan Sikap, Gizi Ibu Hamil, Media Buku. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap tentang gizi sebelum dan sesudah pemberian media “Buku Pesan Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil” pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Ngembal Kulon Kabupaten Kudus Tahun 2010. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan tentang gizi sebelum dan sesudah pemberian media “Buku Pesan Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil” pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Ngembal Kulon Kabupaten Kudus Tahun 2010. Jenis penelitian ini adalah eksperimen quasi (semu) dengan desain one group pretest-posttest. Populasi penelitian adalah ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Ngembal Kulon Kabupaten Kudus yaitu yaitu 984 ibu hamil. Sampel berjumlah 20 ibu hamil di desa Loram Wetan. Instrumen penelitian adalah buku “Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil”, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan t-test berpasangan. Uji normalitas data menunjukkan semua variabel mempunyai nilai p > 0,005. Setelah melalui uji normalitas data, dilakukan uji t-test berpasangan untuk membandingkan nilai pre-test dan post-test pertanyaan pengetahuan dan pertanyaan sikap. Terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap tentang gizi antara pre-test dan post-test, karena nilai p baik pengetahuan maupun sikap = 0,001 < 0,005. Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap tentang tentang gizi sebelum dan sesudah pemberian media buku “Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil” pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Ngembal Kulon Kabupaten Kudus 2010”. Saran yang diajukan adalah: (1) Pihak bidan desa setempat, hendaknya pihak bidan desa memasukkan materi tentang gizi pada kegiatan pendidikan kesehatan gizi untuk ibu hamil yang sebelumnya belum pernah diberikan (2) Petugas Puskesmas Ngembal Kulon Kabupaten Kudus, hendaknya memasukkan pendidikan kesehatan gizi, terutama tentang gizi seimbang bagi ibu hamil pada program pendidikan gizi karena sebelumnya belum pernah diberikan kepada ibu hamil; (3) DKK Kudus, hendaknya dijadikan bahan kajian dalam menentukan kebijakan pendidikan kesehatan gizi yang dapat dilakukan dengan menggunakan media buku “Pesan Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil” untuk meningkatkan pengetahuan, sikap serta perilaku tentang gizi ibu hamil.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Perbedaan Pengetahuan dan Sikap, Gizi Ibu Hamil, Media Buku
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
    Depositing User: pkl9 pkl9
    Date Deposited: 27 May 2012 03:14
    Last Modified: 27 May 2012 03:14

    Actions (login required)

    View Item