“Keefektifan Model Pembelajaran STAD (Student Teams and Achievenment Divisions) Pada Materi Pokok Segi Empat di Kelas VII MTS Futuhiyyah Kudu Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010”


Dyan Ikawati , Novasari (2010) “Keefektifan Model Pembelajaran STAD (Student Teams and Achievenment Divisions) Pada Materi Pokok Segi Empat di Kelas VII MTS Futuhiyyah Kudu Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Keefektifan Model Pembelajaran STAD (Student Teams and Achievenment Divisions) Pada Materi Pokok Segi Empat  di Kelas VII MTS Futuhiyyah Kudu Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010”] Microsoft Word (“Keefektifan Model Pembelajaran STAD (Student Teams and Achievenment Divisions) Pada Materi Pokok Segi Empat di Kelas VII MTS Futuhiyyah Kudu Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010”) - Published Version
Download (62kB)

Abstract

Dyan Ikawati Novasari, 2010. “Keefektifan Model Pembelajaran STAD (Student Teams and Achievenment Divisions) Pada Materi Pokok Segi Empat di Kelas VII MTS Futuhiyyah Kudu Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010” Pada prinsipnya belajar adalah berbuat. Tidak ada belajar jika tidak ada aktivitas. Itulah mengapa aktivitas merupakan prinsip yang sangat penting dalam interaksi belajar mengajar. Penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat dapat menimbulkan kebosanan, sehingga seringkali dijumpai kecenderungan siswa yang kurang berminat untuk belajar. Hal itulah yang menjadi alasan pemilihan judul dalam penelitian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran koperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) lebih efektif dan mencapai KKM ≥ 65 dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dengan penggunaan LKS dan alat peraga pada materi pokok segiempat di kelas VII MTS Kudu Genuk Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTS Futuhiyyah Kudu Genuk Semarang . Sampel yang digunakan adalah siswa dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen (kelas yang diajar dengan model pembelajaran koperatif tipe STAD) dan satu kelas sebagai kelas kontrol (kelas yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dengan penggunaan LKS dan alat peraga).. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, angket dan observasi. Berdasarkan perhitungan uji normalitas diperoleh = 2,2855 dengan = 5% dan derajat kebebasan (dk) = 3, diperoleh 7.81. Karena berarti data yang diperoleh berdistribusi normal.. Koefisien korelasi parsial untuk prediktor satu dan dua masing-masing diperoleh 0,645 dan 0,387 dan uji T memberikan > pada taraf signifikansi 5 % dan dk = 78, diperoleh ttabel = t(1-1/2 )(n1+n2-2) = 1,99. Karena -1,99 < 0,215 < 1,99 yang berarti –ttabel < thitung < ttabel maka Ho diterima. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran koperatif tipe STAD lebih baik dari pada pembelajaran yang biasa dilaksanakan oleh guru (konvensional) yaitu ceramah terhadap pemahaman konsep matematika pokok bahasan bangun segiempat kelas VII MTS Futuhiyyah Kudu Genuk Semarang. Rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD sebesar 7.55 sedangkan yang pembelajaran konvensional sebesar 6.87. Dengan model pembelajaran koperatif tipe STAD siswa dapat mencapai KKM yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 6695 not found.
Date Deposited: 27 May 2012 07:16
Last Modified: 27 May 2012 07:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11378

Actions (login required)

View Item View Item