Efektivitas Penerapan Metode tutor sebaya dan Media Kartu pada Pembelajaran Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Jekulo Kudus


Rinda Binugraheni, 2010 (2010) Efektivitas Penerapan Metode tutor sebaya dan Media Kartu pada Pembelajaran Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Jekulo Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penerapan Metode tutor sebaya dan Media Kartu pada Pembelajaran Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Jekulo Kudus] Microsoft Word (Efektivitas Penerapan Metode tutor sebaya dan Media Kartu pada Pembelajaran Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Jekulo Kudus) - Published Version
Download (54kB)

Abstract

Binugraheni, Rinda.2010.Efektivitas Penerapan Metode tutor sebaya dan Media Kartu pada Pembelajaran Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Jekulo Kudus. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. drh Wulan Cristijanti, M.Si dan Dra. Aditya Marianti M.Si. Berdasarkan hasil observasi diperoleh informasi bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar Biologi pada materi sistem ekskresi masih menggunakan metode ceramah sehingga belum semua siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Selain itu adanya rasa takut dan malu apabila bertanya pada gurunya, menyebabkan siswa lebih senang bertanya pada teman sekelasnya. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa belum bisa mencapai KKM. Oleh sebab itu diperlukan suatu pembelajaran yang dapat melibatkan semua siswa aktif dalam pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan adalah pembelajaran dengan metode tutor sebaya. Fungsi dan proses sistem ekskresi tidak bisa dilihat dengan mata tanpa bantuan alat. Oleh sebab itu, diperlukan media yang dapat menyampaikan materi yang sulit dipahami tersebut menjadikanya lebih mudah dipahami. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media kartu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode tutor sebaya dan media kartu pada pembelajaran materi sistem ekskresi di SMA N 1 Jekulo Kudus. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Jekulo Kudus Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA sebanyak tiga kelas. Seluruh populasi dijadikan sampel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode tutor sebaya dan media kartu,variabel terikatnya adalah hasil belajar dan aktivitas siswa,sedangkan variabel kendalinya adalah guru, siswa dan jumlah jam pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experimental) dengan desain One Shot Case Study. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ≥ 80% siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Pada kelas XI IPA 1 ketuntasan klasikal sebesar 100%, XI IPA 2 97,5% sedangkan XI IPA 3 sebesar 97,5%. Rata-rata persentase keaktifan siswa dari ketiga kelas sebesar 86,9% serta lebih dari 70% siswa dan tutor memberikan tanggapan senang terhadap pembelajaran. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya dan media kartu efektif diterapkan pada pembelajaran materi sistem ekskresi. Kata Kunci : Metode Tutor Sebaya, Media Kartu, Sistem Ekskresi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Metode Tutor Sebaya, Media Kartu, Sistem Ekskresi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 6697 not found.
Date Deposited: 27 May 2012 07:19
Last Modified: 27 May 2012 07:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11364

Actions (login required)

View Item View Item