Korelasi Tingkat Kesegaran Jasmani Dan Minat Belajar Dengan Hasil Evaluasi Ujian Praktek Penjas Orkes Kelas IX SMP Hasanuddin 10 Semarang Tahun 2008.


Amin Nur, Iksan (2010) Korelasi Tingkat Kesegaran Jasmani Dan Minat Belajar Dengan Hasil Evaluasi Ujian Praktek Penjas Orkes Kelas IX SMP Hasanuddin 10 Semarang Tahun 2008. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Korelasi Tingkat Kesegaran Jasmani Dan Minat Belajar Dengan Hasil Evaluasi Ujian Praktek Penjas Orkes Kelas IX SMP Hasanuddin 10 Semarang Tahun 2008.] Microsoft Word (Korelasi Tingkat Kesegaran Jasmani Dan Minat Belajar Dengan Hasil Evaluasi Ujian Praktek Penjas Orkes Kelas IX SMP Hasanuddin 10 Semarang Tahun 2008.) - Published Version
Download (59kB)

Abstract

Amin Nur Iksan, 2010 Korelasi Tingkat Kesegaran Jasmani Dan Minat Belajar Dengan Hasil Evaluasi Ujian Praktek Penjas Orkes Kelas IX SMP Hasanuddin 10 Semarang Tahun 2008. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah ada korelasi antara tingkat kesegaran jasmani dan minat belajar dengan hasil evaluasi ujian praktek penjas orkes kelas IX SMP Hasanuddin 10 Semarang. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah ada korelasi antara tingkat kesegaran jasmani dan minat belajar dengan hasil evaluasi ujian praktek penjas orkes kelas IX SMP Hasanuddin 10 Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling (Sampel Bertuuan) yaitu agar siswa mengikuti tes kesegaran jasmani dan tes minat belajar. Dari jumlah populasi kelas 7, 8 dan 9 yaitu 329 siswa, hanya kelas 9 yang berjumlah 109 yang mengikuti kedua tes tersebut, artinya sampel dalam penelitian ini ada 109 siswa. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu tingkat kesegaran jasmani dan minat belajar sebagai variabel bebas dan hasil evaluasi ujian praktek penjas orkes sebagai variabel terikat. Untuk teknik pengambilan data juga ada tiga macam, survey tes untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani, angket untuk mengukur minat belajar, dokumen untuk mengetahui hasil evaluasi ujian praktek penjas orkes. Selanjutnya analisis data diperoleh dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan pendekatan prosentase dan analisis regresi sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh rata-rata nilai T-skor tingkat kesegaran jasmani siswa kelas IX SMP Hasanuddin 10 Semarang tahun ajaran 2008 sebesar 12,51 berada pada rentang 10 – 13 dan termasuk kategori kurang, untuk rata-rata skor minat belajar sebesar 154,75 dengan persentase sebesar 68,5% sehingga termasuk dalam kategori baik, sedangkan rata-rata hasil evaluasi ujian praktek penjas orkes sebesar 21,16 yang berada pada rentang 8 – 16 sehingga termasuk kategori sedang. Dari hasil analisis korelasi diperoleh informasi besarnya hubungan tingkat kesegaran jasmani adalah sebesar 67,50%, dengan nilai rhitung adalah sebesar 0,675 dan rtabel¬ = 0,194. Karena nilai rhitung > rtabel¬ maka terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dan hasil evaluasi ujian praktek pejas orkes. Hubungan antara minat belajar adalah sebesar 31,9%, dengan nilai rhitung adalah sebesar 0,319 dan rtabel¬ = 0,194. Karena nilai rhitung > rtabel¬ maka terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat minat belajar dan hasil evaluasi ujian praktek penjas orkes. Hubungan antara tingkat kesegaran jasmani dan minat belajar dengan evaluasi hasi ujian praktek adalah sebesar 70,2%, dengan nilai rhitung adalah sebesar 0,702 dan rtabel¬ = 0,194. Karena nilai rhitung > rtabel¬ maka terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dan minat belajar dengan evaluasi hasi ujian praktek penjas orkes. Dari hasil penelitian tersebut, penulis dapat mengajukan saran untuk meningkatkan hasil evaluasi ujian praktek harus memperhatikan kesegaran jasmani dan minat belajar, karena mereka sebagai generasi pemuda penerus bangsa yang nantinya akan menghadapi kehidupan yang begitu keras. Kesegaran jasmani dapat ditingkatkan dengan pola makan dan gizi seimbang, latihan fisik dan olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup, sedangkan minat belajar dapat ditingkatkan dengan memberikan informasi dan motivasi tentang suatu objek yang ada hubunganya dengan mata pelajaran penjas orkes dan dunia kerja mendatang untuk siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 6695 not found.
Date Deposited: 27 May 2012 07:19
Last Modified: 27 May 2012 07:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11363

Actions (login required)

View Item View Item