Pengaruh Latihan Forehand Drive Menggunakan Videotapes Feedback dan Verbal Feedback Terhadap Kemampuan Forehand Drive pada Petenis Putra IKK Tenis Lapangan Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2010.

Anggit Wicaksono, 2010 (2010) Pengaruh Latihan Forehand Drive Menggunakan Videotapes Feedback dan Verbal Feedback Terhadap Kemampuan Forehand Drive pada Petenis Putra IKK Tenis Lapangan Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Anggit Wicaksono. 2010. Pengaruh Latihan Forehand Drive Menggunakan Videotapes Feedback dan Verbal Feedback Terhadap Kemampuan Forehand Drive pada Petenis Putra IKK Tenis Lapangan Jurusan PKLO FIK UNNES Tahun 2010. Skripsi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Dosen Pembimbing I : Soedjatmiko, S. Pd, M.Pd, Dosen Pembimbing II : Drs. Margono, M. Kes Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada perbedaan pengaruh antara latihan forehand drive menggunakan videotapes feedback dan verbal feedback terhadap kemampuan forehand drive pada petenis putra IKK Tenis Lapangan Jurusan PKLO FIK UNNES tahun 2010. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dan menggunakan desain penelitian Matching by Subject Design. Metode analisis data penelitian menggunakan analisis data statistik menggunakan t-test rumus pendek dengan taraf signifikansi 5%.Variabel penelitian ini yaitu latihan forehand drive menggunakan videotapes feedback dan latihan forehand drive menggunakan verbal feedback sebagai variabel bebas serta kemampuan forehand drive sebagai variabel terikat. Populasi penelitian adalah mahasiswa putra di IKK tenis lapangan Pendidikkan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Tahun 2010 dengan jumlah 16 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan forehand drive dari Broer and Miller dengan validitas untuk pemula 0,80 dan reliabilitas 0,61. Hasil analisis data diperoleh t-hitung sebesar 2,557, sedangkan nilai t-tabel dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (d.b) 7 sebesar 2,365. Karena t-hitung lebih besar t-tabel atau 2,557 > 2,365, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengaruh antara latihan forehand drive menggunakan videotapes feedback dan verbal feedback terhadap kemampuan forehand drive pada petenis putra IKK tenis lapangan PKLO UNNES tahun 2010. Uji beda mean kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol atau 69,3 > 62,7, maka dapat disimpulkan bahwa latihan forehand drive menggunakan videotapes feedback lebih baik dari metode latihan forehand drive menggunakan verbal feedback terhadap kemampuan pukulan forehand drive. Saran; 1) Bagi dosen IKK Tenis Lapangan Jurusan PKLO FIK UNNES dalam mambina kemampuan forehand drive para petenisnya disarankan untuk menggunakan latihan forehand drive dengan videotapes feedback untuk meningkatkan kemampuan forehand drive para anak didiknya. 2) Kepada peneliti lain, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian sejenis dengan memperhatikan kelemahan-kelemahan yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: pkl1 pkl1 pkl1
Date Deposited: 27 May 2012 03:20
Last Modified: 27 May 2012 03:20

Actions (login required)

View Item