Pengaruh Motivasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirta Moedal Semarang. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.

Evi Tri Harsanti, 2010 (2010) Pengaruh Motivasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirta Moedal Semarang. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Evi Tri Harsanti. 2010. Pengaruh Motivasi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirta Moedal Semarang. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci: Motivasi, Kepemimpinan, Kinerja Karyawan Kinerja karyawan dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah motivasi dan kepemimpinan. Keduanya mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kinerja karyawan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di PDAM Tirta Moedal Semarang baik secara simultan maupun parsial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan baik secara simultan maupun parsial. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah karyawan PDAM Tirta Moedal Semarang berjumlah 289 orang, kemudian dengan rumus slovin diperoleh sampel sebanyak 75 orang. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari: variabel bebas yaitu motivasi (X1) dan kepemimpinan (X2) serta variabel terikat yaitu kinerja karyawan (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskripsi persentase dan regresi berganda. Hasil penelitian deskrptif menunjukkan untuk variabel motivasi (X1) baik, variabel kepemimpinan (X2) baik dan kinerja karyawan (Y) baik. Sedangkan dari hasil regresi diperoleh persamaan Y = 13,227 + 0,178X1 + 0,205X2 untuk variabel motivasi (X1) diperoleh nilai t hitung 3.096 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,03 maka H0 ditolak dan HA diterima, sehingga H1 yang menyatakan motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan diterima. Variabel Kepemimpinan (X2) diperoleh t hitung 3.854 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan HA diterima, sehingga H2 sehingga yang menyatakan kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan diterima. Secara simultan menunjukkan Fhitung = 21.928 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan HA diterima, sehingga H3 yang menyatakan ada pengaruh positif motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan diterima. Simpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial variabel motivasi terhadap kinerja karyawan PDAM Tirta Moedal Semarang sebesar 11,76%, ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial variabel kepemimpinan terhadap kinerja karyawan PDAM Tirta Moedal Semarang sebesar 17,14%, ada pengaruh positif motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan PDAM Tirta Moedal Semarang secara simultan sebesar 36,1%. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah pihak PDAM Tirta Moedal Semarang hendaknya senantiasa memperhatikan dan meningkatkan motivasi dan kepemimpinan agar kinerja karyawan PDAM Tirta Moedal Semarang dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kepemimpinan, Kinerja Karyawan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: pkl1 pkl1 pkl1
Date Deposited: 27 May 2012 03:21
Last Modified: 27 May 2012 03:21

Actions (login required)

View Item