Karakteristik Pengguna Angkutan Umum Koridor I di Kota Semarang


Munir, Agus (2010) Karakteristik Pengguna Angkutan Umum Koridor I di Kota Semarang. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Karakteristik Pengguna Angkutan Umum Koridor I di Kota  Semarang] Microsoft Word (Karakteristik Pengguna Angkutan Umum Koridor I di Kota Semarang) - Published Version
Download (72kB)
Official URL: http://lib.unnes.ac.id

Abstract

Transportasi adalah proses memindahkan suatu benda mencakup benda hidup dan benda mati dari satu tempat ke tempat lainnya. Kegiatan transportasi ini membutuhkan tempat yang disebut dengan prasarana transportasi. Sistem tranportasi diusahakan memberikan suatu tranportasi yang aman, cepat, dan murah. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimanakah karakteristik pengguna angkutan umum koridor I Kota Semarang. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah mengetahui karakteristik pengguna angkutan umum koridor I Kota Semarang, yang meliputi deskripsi data sosial dan ekonomi, faktor-faktor yang mendorong pengguna dalam menggunakan angkutan umum dan pendapat pengguna terhadap kinerja angkutan umum koridor I Kota Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey. Penelitian ini mencoba mengungkap aspek-aspek mengenai karakterisitik pengguna angkutan umum pada koridor I Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna angkutan umum koridor I Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling atau sampel kelompok. Sampel penelitian diambil sebesar 10% dari jumlah pengguna angkutan umum koridor I Kota Semarang. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Metode angket/kuisioner digunakan untuk memperoleh data primer (yang telah disekunderkan) dalam penelitian ini yaitu data tentang keadaan sosial dan ekonomi pengguna, data faktor pendorong penggunaan angkutan umum dan data penilaian kinerja. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data sekunder yaitu, data tempat tinggal responden, data trayek/operator-operator yang melayani rute trayek dari Terminal Mangkang sampai Terminal Penggaron, rata-rata jumlah penumpang dalam sekali berangkat, dan kapasitas angkutan umum tersebut. Data-data yang sudah terkumpul selanjutnya akan dianalisis dengan mengunakan teknik analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar pengguna angkutan umum koridor I Kota Semarang kebanyakan adalah laki-laki (60,79%) dan berada dalam tingkatan ekonomi dan sosial yang cenderung rendah dengan tingkatan ekonomi rata-rata penghasilan dibawah 1 juta rupiah sebesar 70,95%, pendidikan terakhir kebanyakan adalah lulusan SLTA (51,45) dan SLTP (23,44%) serta umur dari pengguna terbanyak adalah umur 30 – 39 dengan pekerjaan sebagian besar pelajar (37,76%) dan pegawai swasta sebesar 24,90% . Faktor yang menjadi pendorong /alasan pengguna dalam menggunakan angkutan umum sebagian besar karena tidak ada pilihan lain (60.79%). Alasan yang kedua dalam menentukan angkutan umum adalah dikarenakan tarif terjangkau (15.15%). Kemudian alasan yang ketiga karena kemudahannya (10.58%). Selebihnya di bawah 10% menyatakan karena alasan suasana/keramaian , kenyamanan, waktu tempuh, keamanan, keselamatan dan lain-lain. Penilaian kinerja layanan angkutan umum koridor I Kota Semarang menurut pengguna adalah wajar untuk angkutan MPU (50.25%), Minibus (48.61% )dan Bus (43.90%), selanjutnya untuk Bus Patas AC dan BRT sebagian besar pengguna menyatakan tidak tahu. Saran yang disampaikan berdasarkan hasil penelitian adalah Pemerintah hendaknya menindaklanjuti penelitian ini, karena hasil penelitian ini menunjukan gambaran kondisi sosial dan ekonomi pengguna angkutan koridor I Kota Semarang yang cenderung rendah. Metode survey dengan angket mampu menggambarkan karakteristik pengguna angkutan umum koridor I Kota Semarang dengan jelas, sehingga sangat akurat untuk penelitian dengan subyek manusia. Metode deskriptif merupakan salah satu alat analisa statistik yang sederhana tetapi mampu menganalisa tingkatan-tingkatan objek penelitian dengan hasil yang valid. Metode deskriptif dapat dijadikan alternatif metode penelitian dengan populasi dan sampel besar dengan banyak kriteteria penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Users 6697 not found.
Date Deposited: 27 May 2012 07:22
Last Modified: 27 May 2012 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11327

Actions (login required)

View Item View Item