Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 TemanggungTahun Pelajaran 2009/2010.


Syaeful Rochman, Anas (2010) Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 TemanggungTahun Pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Unniversitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 TemanggungTahun Pelajaran 2009/2010.] Microsoft Word (Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 TemanggungTahun Pelajaran 2009/2010.) - Published Version
Download (56kB)

Abstract

Kata Kunci : Pemanfaatan Internet, Hasil Belajar. Teknologi informasi berkembang pesat melebihi bidang lainnya. Faktor penentunya adalah globalisasi informasi, yaitu penyebaran akses dan produksi informasi keseluruh dunia. Internet sebagai alat untuk mencapai informasi dalam skala global. Penggunaan internet sebagai alat dalam menggali informasi yang berupa pendidikan, akan dapat memicu sekaligus dapat meningkatkan motivasi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan alasan tersebut maka penulis melakukan penelitian Pengaruh Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA N 2 Temanggung Tahun Pelajaran 2009/2010. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Adakah pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Temanggung tahun pelajaran 2009/2010? Populasi yang dijadikan obyek penelitian yaitu siswa kelas XI yang berjumlah 208 orang. Dalam pengambilan sampel ditentukan 32,69 % dari populasi yakni sebanyak 68 siswa dan dalam pengambilan sampel tersebut menggunakan purposive Sampling yang menjadi anggota sampel untuk masing-masing kelas dilakukan secara pemilihan sekelompok subjek didasarkan atas ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri-ciri atau sifat-sifat populasi.Sedangkan dalam menganalisis data menggunakan deskriptif persentase, analisis regresi berganda, dan koefesien determinasi. Hasil perhitungan Uji ANOVA atau F test,diperoleh F hitung 38,134 dan dengan α = 5%, dk = n – 1 makadiperolehFtabel= 1,53 sehinggaF hitung>F table atau nilai. nilai signifikansi (p value = 0,000) < 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi Ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan internet dengan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Temanggung Tahun ajaran 2009/2010 dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh pemanfaatan internet sebagai sumber belajar siswa terhadap hasil belajarnya, walaupun masih ada faktor-faktor diluar itu yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 6697 not found.
Date Deposited: 27 May 2012 07:25
Last Modified: 27 May 2012 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/11300

Actions (login required)

View Item View Item